The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sederet Kegiatan di Jakarta yang Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin Covid-19
Warga peserta vaksinasi Covid-19 (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)
News

Sederet Kegiatan di Jakarta yang Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin Covid-19

Kamis, 29 Juli 2021 09:59 WIB 29 Juli 2021, 09:59 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai kegiatan di DKI Jakarta sekarang membutuhkan sertifikat vaksin Covid-19. Baik yang disyaratkan oleh Pemprov DKI atau kebijakan dari pemerintah pusat.

Tujuannya tentu untuk meningkatkan jumlah warga yang divaksin. Lalu, apa saja kegiatan yang butuh sertifikat vaksin di Jakarta? Simak ulasannya.

1. Akad Nikah

Berdasarkan SK Kadisparekraf No.495 Tahun 2021 tentang aturan PPKM Level 4, menggelar akad nikah wajib divaksin. Baik keluarga, tamu, dan petugas harus bisa menunjukkan sertifikat vaksin. Namun, resepsi nikah masih belum diizinkan.

2. Tempat pangkas atau salon

Tempat pangkas boleh buka dari pukul 10 pagi hingga 8 malam. Namun, pegawai dan pengunjung wajib sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

3. Transportasi

Bepergian dengan pesawat ke daerah yang menerapkan PPKM level 3 dan 4, wajib menunjukkan sertifikat vaksin, minimal vaksinasi dosis pertama. Calon penumpang juga wajib menunjukkan surat negatif Covid-19.

Penerbangan ke daerah PPKM level 1 & 2 hanya perlu surat negatif Covid-19. Bepergian dengan kereta api jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Karawang dan Cikampek, juga wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi, kecuali penumpang di bawah 18 tahun.

"Bagi pelanggan KAJJ yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis tetap dapat menggunakan Kereta Api dengan menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

4. Masuk pasar

Pedagang dan pengunjung pasar tradisional sekarang wajib menunjukkan bukti sudah divaksin. Aturan berlaku untuk pasar di bawah naungan PD Pasar Jaya.

5. Rumah Makan, Kafe dan Restoran

Tempat makan di ruang terbuka diizinkan makan di tempat maksimal 20 menit, dengan syarat pelayan dan pengunjung harus sudah divaksin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US