The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kaget Ada Gambar 'Bumi Datar' di Soal Ujian Anaknya, Orangtua Siswa 'Panggil' Nadiem
Soal ujian Bumi datar. (Facebook/Muhanto Hatta)
News

Kaget Ada Gambar 'Bumi Datar' di Soal Ujian Anaknya, Orangtua Siswa 'Panggil' Nadiem

Jumat, 07 Mei 2021 13:11 WIB 07 Mei 2021, 13:11 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, orangtua siswa mengeluhkan soal ujian anaknya yang dinilai aneh. Pasalnya, di soal ujian tersebut ada gambar Bumi yang bentuknya datar, tidak bulat seperti biasanya.

Keluhan tersebut disaampaikan oleh orangtua siswa, Desmanjon Purba melalui akun Facebook Muhanto Hatta. Orangtua siswa itu pun meminta penjelasan Nadiem selaku Menteri Pendidikan.

"Pagi ini, Rabu, 5 Mei 2021. Hari ke-3 Ujian Sekolah untuk anak saya kelas 6 di salah satu SD Swasta di Baros Cimahi secara daring. Ujian dari rumah. Anak saya kaget dan berkata ke saya. 'Ini aneh Pa, masa sih gambar bumi dibikin datar!' Katanya ke saya setengah teriak. Wah... saya juga sontak kaget, lantas mendekati laptop yang digunakan anak saya Ujian Sekolah," cerita Desmanjon.

Setelah melihat soal ujian di laptop, Desmanjon pun kaget bukan main. Gambar yang tertera di soal benar-benar datar. Planet-planet yang mengelilingi matahari tampak bulat, hanya Bumi sendiri yang bentuknya gepeng alias datar.

soal ujian bumi datar
Curhat seorang ayah yang anaknya dapat soal ujian Bumi datar. (Facebook/Muhanto Hatta)

Dia pun mempertanyakan soal 'aneh' tersebut ke Nadiem. Desmanjon mengingatkan agar tidak bermain-main di dunia pendidikan karena menyangkut masa depan.

"Mana ada Bumi berbentuk datar? Ilmu Pengetahuan sdh disesatkan. Yang nengeluarkan soal dari mana kah? Masa dibikin main2 pendidikan ini,  ya?," ujarnya.

Curhatannnya itu pun mendapat beragam reaksi dari netizen. Berdasarkan penuturan seorang netizen, di daerah Cimahi sendiri memang banyak orang yang meyakini bahwa Bumi itu datar.

"Cimahi memang banyak kasus pemahaman bumi datar... saya pernah juga menemukan anak muda umur 18 tahun yg meyakini bumi datar," kata Arga Bharata-Oggy.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US