Sambut Rencana Pembukaan Kembali Bioskop pada 14 September, GPBSI Lakukan Persiapan

- Kamis, 9 September 2021 | 00:37 WIB
Ilustrasi bioskop di Jakarta setelah mendapatkan izin dari Pemprov DKI Jakarta. (photo/ANTARA/M Risyal Hidayat)
Ilustrasi bioskop di Jakarta setelah mendapatkan izin dari Pemprov DKI Jakarta. (photo/ANTARA/M Risyal Hidayat)

Menyambut sinyal pembukaan bioskop yang menguat akan dibuka pada 14 September 2021, Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin menyebutkan sudah ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh pihaknya.

Beberapa persiapan di antaranya seperti persiapan penerapan protokol kesehatan (prokse) di dalam ruangan bioskop, film- film yang ditayangkan, hingga pemenuhan regulasi untuk pengawasan seperti penyediaan medium barcode untuk aplikasi PeduliLindungi.

"Banyak sekali persiapannya. Mulai dari kita sendiri, film, ruangan, maupun persiapan yang harus dilengkapi yang diwajibkan pemerintah. Termasuk juga PeduliLindungi. Itu kan persyaratannya harus ada QR code, dan sebagainya. Semuanya itu dikerjakan atas nama asosiasi dan bukan perbioskop," kata Djonny, Rabu (8/9) dikutip dari ANTARA.

Persiapan itu dilakukan beberapa pekan sebelum pembukaan bioskop karena agar memastikan seluruh elemen pendukung bisa berjalan dengan baik dan mengikuti ketentuan yang disiapkan oleh Pemerintah Pusat.

Baca juga: Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang: Overkapasitas dan Sel Terkunci

GPBSI pun sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memastikan persiapan industri film khususnya bioskop bisa kembali berjalan dengan baik di tengah semakin menurunnya level PPKM di beberapa kawasan di Indonesia setiap periodenya.

Tidak hanya dari Kemendagri ada juga ahli dari Kementerian lainnya untuk memastikan pemberlakuan sistem dengan PeduliLindungi bisa berjalan maksimal di bioksop.

Sejauh ini beberapa protokol kesehatan yang disiapkan untuk bisa bioskop dibuka kembali di antaranya kapasitas ruangan hanya diperbolehkan menampung penonton sebanyak 50 persen, kegiatan makan dan minum kudapan belum diperkenankan, dan tentunya akan disiapkan jarak antarpenonton sehingga sesuai dengan penerapan protokol penjagaan jarak.

Pengunjung yang datang ke bioskop juga wajib membuktikan dirinya sudah divaksin, oleh karena itu pengunjung harus memiliki aplikasi PeduliLindungi.

Meski demikian, Djonny mengatakan keputusan dibukanya bioskop di 14 September 2021 masih dalam tahapan pembahasan di tingkat kementerian.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X