Perbaikan Kabel Bawah Laut untuk Internet Indihome dan Telkomsel Butuh Satu Bulan

- Jumat, 24 September 2021 | 08:59 WIB
Warga mengakses internet di ponsel (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Warga mengakses internet di ponsel (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Jaringan internet IndiHome dan Telkomsel diketahui mengalami gangguan sejak hari Minggu (19/9/2021) sore karena gangguan kabel bawah laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan).

Kabel bawah laut di ruas Batam-Kalimantan putus sehingga berdampak pada jaringan internet Telkomsel dan IndiHome. Perbaikan kabel bawah laut ini diperkirakan akan memakan waktu satu bulan.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan pihaknya akan berusaha meningkatkan kapasitas jaringan melalui jalur back-up dan alternatif, khususnya ke wilayah seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Telkom juga secepatnya melakukan penyambungan kabel laut.

“Upaya-upaya yang kami lakukan untuk peningkatan kualitas layanan antara lain dengan melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam," ujarnya, dilansir Antara, Kamis (23/9/2021).

"Kemudian yang tak kalah penting adalah pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan tersebut. Adapun diperkirakan proses perbaikan kabel laut yang terganggu akan berlangsung sekitar sebulan," tambahnya.

Sehubungan dengan proses peningkatan kualitas layanan yang bertahap, Telkom akan memprioritaskan kebutuhan video conference bagi masyarakat yang Work From Home (WFH) dan Learn From Home (LFH).

“Kami tetap mengutamakan aplikasi video conference untuk WFH dan LFH mengingat saat ini kebutuhan untuk pendidikan sedang menjadi prioritas,” kata Pujo.

“Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu setia menggunakan layanan TelkomGroup, serta seluruh pihak yang mendukung proses peningkatan kualitas layanan ini. Semoga layanan Telkom dapat memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan,” tambah Pujo.

Sementara itu, Vice President Marketing Management Telkom, E. Kurniawan mengatakan pengguna IndiHome akan diberikan kompensasi atas gangguan internet ini, sesuai dengan kontrak.

"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan," jelas E. Kurniawan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X