Kronologi Penangkapan Oknum ASN yang Diduga Pemasok Senjata Api ke Teroris KKB Papua

- Jumat, 24 September 2021 | 10:41 WIB
Momen Satgas Nemangkawi melakukan penangkapan terhadap oknum ASN berinsial ES yang diduga pemasok senjata api ke KKB Papua (Istimewa)
Momen Satgas Nemangkawi melakukan penangkapan terhadap oknum ASN berinsial ES yang diduga pemasok senjata api ke KKB Papua (Istimewa)

Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial ES yang bertugas di Pemkab Yahukimo, Papua ditangkap Satgas Nemangkawi. Dia ditangkap lantaran diduga menjadi pemasok senjata api kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan kronologi penangkapan terhadap ES yang dilakukan pada Rabu (22/9/2021) sekira pukul 13.34 WIT.

Saat itu, Satgas melihat ada truk berplat merah yang melintas di Jalur 1 Bawah Kompleks Ambruk Kota Dekai, Yahukimo. Kemudian, Satgas memberhentikan truk tersebut.

Ketika dilakukan pemeriksaan, terdapat sekelompok orang di dalam truk tersebut yang salah satunya merupakan oknum ASN Pemkab Yahukimo berinisial ES.

Selanjutnya, tim melakukan penangkapan dan memeriksa ES. Setelah itu, tim Satgas Nemangkawi menggeledah kediaman ES yang berada di Kompleks Perumahan Sosial, Distrik Dekai.

Dari hasil penggeledahan, Satgas Nemangkawi menemukan sebanyak 26 butir amunisi tajam 5,65 mm, 8 butir amunisi 38 SPC, 1 magazine M-16, 1 pasang pakaian loreng Komite Nasional Papua Barat (KNPB), 2 parang, 2 kapak, 1 sabit, 1 badik; 1 sangkur; 1 besi tajam, 1 palu, dan lain-lain.

Sejumlah barang bukti itu diduga kuat memiliki keterkaitan dengan KKB Papua. ES diduga menjadi pemasok senjata api kepada kelompok tersebut.

Kamal mengatakan ini bukan kali pertama pihaknya melakukan penangkapan terhadap ASN yang diduga memiliki keterlibatan dengan KKB Papua.

Sebelumnya pada 27 Agustus 2021 lalu, Satgas Nemangkawi mengamankan Kepala Distrik berinsial EB. Diduga merupakan simpatisan KNPB dan KKB Papua di wilayah Yahukimo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X