Viral Video Warga Papua Nugini Dukung KKB, KBRI Bergerak Lakukan Pengusutan

- Sabtu, 15 Mei 2021 | 14:06 WIB
KKB Papua. (photo/Istimewa)
KKB Papua. (photo/Istimewa)

Baru-baru ini, beredar viral video sekelompok masyarakat Papua Nugini menyatakan dukungan kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Terkait hal itu, Duta Besar RI untuk Papua Nugini dan Kepulauan Solomon Andriana Supandy beserta staf KBRI Port bergerak untuk mengonfirmasi kepada pemerintah Papua Nugini.

Dalam keterangan tertulis KBRI Port Moresby, Sabtu, disebutkan bahwa video dukungan sekelompok masyarakat Papua Nugini yang mengaku dari Provinsi East Sepik dan mengenakan seragam militer itu tidak akan memengaruhi hubungan baik antara Indonesia dan Papua Nugini.

Lebih lanjut dikatakan, komunikasi dan kerja sama antara Indonesia dan Papua Nugini akan tetap terjalin dengan baik dan tak terganggu akibat adanya pembuatan video tersebut.

"Pemerintah Papua Nugini menghormati kedaulatan NKRI atas wilayah teritorial-nya dan menganggap bahwa isu di provinsi Papua dan Papua Barat adalah isu dalam negeri pemerintah Indonesia," demikian keterangan KBRI.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pemerintah Papua Nugini menekankan pentingnya semangat kerja sama dan tidak mentolerir tindakan seperti itu kepada kedaulatan wilayah dan integritas Indonesia.

Sebagai langkah atas munculnya video yang mendiskreditkan Indonesia, pemerintah Papua Nugini telah menugaskan pejabat dan aparat yang berwenang untuk melakukan investigasi di wilayah Provinsi East Sepik karena kekhawatiran dari pemerintah setempat terhadap potensi ancaman keamanan, mengingat kelompok yang membuat video tersebut menggunakan pakaian militer dan menunjukkan senjata api dalam unggahannya.

Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Internasional (Menludag) Papua Nugini Soroi Eoe MP dalam pernyataannya kepada media pada 11 Mei 2021 mengatakan bahwa pernyataan kelompok masyarakat dalam video tersebut merupakan tindakan kriminal. Untuk itu, pemerintah Papua Nugini sedang melakukan investigasi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X