Tandatangani MoU dengan Kementan, Kapolri Siap Kawal Ketahanan Pangan

- Selasa, 16 November 2021 | 19:09 WIB
Penandatanganann MoU Kapolri dan Kementan di Mabes Polri, Jakarta (Dok Divisi Humas Mabes Polri)
Penandatanganann MoU Kapolri dan Kementan di Mabes Polri, Jakarta (Dok Divisi Humas Mabes Polri)

Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan Polri pada hari ini baru saja menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait pendampingan dalam pemeliharaan keamanan pada pelaksanaan program pembangunan pertanian.

Usai menandatangani MoU ini, Kapolri memastikan siap untuk mengawal ketahanan pangan di Indonesia.

Baca Juga: Kapolri Pastikan Brimob Akan Terus Berikan Layanan Terbaik untuk Warga dan Negara

"Baru saja kita melaksanakan kegiatan tanda tangan MoU atau nota kesepahaman dimana nanti, akan ditindaklanjuti dengan PKS (Perjanjian Kerjasama) yang akan dilaksanakan oleh rekan-rekan pejabat utama dengan dirjen terkait di Kementan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

MoU ini dibentuk disebut Sigit dalam rangka mendorong dan mempercepat program Kementan. Mengenai sektor pertanian, Polri sendiri disebutnya akan mendorong produktivitas pertanian untuk ratusan juta masyarakat di Indonesia.

"Ada 273 juta masyarakat atau rakyat yang tiap hari tentunya harus dipenuhi, terkait dengan masalah kebutuhan pangan dan ini menjadi konsen kita bagaimana mendorong agar produktivitas pertanian semakin hari jadi makin meningkat," beber Sigit.

Selain itu, Eks Kabareskrim Polri ini menyebut MoU tersebut juga membahas soal pemanfaatan pengembangan lahan pertanian yang belum tersentuh. Dia menyebut diperlukan upaya strategi untuk memanfaatkan lahan yang ada dengan melakukan modernisasi pertanian. 

"Sehingga pertumbuhan ataupun kualitas produksinya meningkat. Disamping itu juga memanfaatkan lahan-lahan baru yang saat ini mungkin belum tersentuh dan ini menjadi program kita untuk kembangkan dua hal tersebut," kata Sigit.

Dengan adanya nota kesepahaman ini, Sigit menegaskan bahwa Polri akan mendukung seluruh program Kementan dalam mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut Kementan tidak bisa bergerak dan bekerja sendiri

Untuk itu lah Kementan disebutnya sangat memerlukan bantuan dari Polri untuk memenuhi kebutuhan pangan dari masyarakat Indonesia terpenuhi. 

"Tentu saja Kementan tidak bisa sendiri. Harus bersama unsur yang ada, kami berterima kasih bapak Kapolri bersedia membackup sepenuhnya," pungkas Syahrul.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X