The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Evaluasi Reuni 212 di DKI, Polisi: 500 Massa Reuni Sempat Coba Masuk ke Patung Kuda
Sejumlah massa mengikuti aksi reuni 212 di Jakarta, Kamis (2/12/2021). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay/hp)
News

Evaluasi Reuni 212 di DKI, Polisi: 500 Massa Reuni Sempat Coba Masuk ke Patung Kuda

Kamis, 02 Desember 2021 18:00 WIB 02 Desember 2021, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Polda Metro Jaya membeberkan hasil evaluasi pengamanan rencana reuni 212 di Jakarta. Meski sudah dilarang, masih ada saja ratusan massa yang hendak menggelar reuni 212 di Patung Kuda, Jakarta Pusat hari ini.

"Pada pukul 10.00 WIB, sempat ada kurang lebih 500 orang ya. Nah ini merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang ingin melakukan reuni mencoba masuk ke Patung Kuda yaitu mereka yang mau masuk ke Wahid Hasyim," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

Ratusan massa ini mencoba masuk dan mengarah ke Patung Kuda. Mereka ingin menggelar aksi reuni 212.

Meski begitu, Zulpan menyebut pihaknya bersama TNI memberikan imbauan-imbauan kepada massa berkaitan izin kegiatan tersebut. Massa yang mengerti kemudian mau membubarkan diri.

Baca juga: Polda Metro Bubarkan Massa Reuni 212 di Jakarta

"Tim dari Polda Metro Jaya dibantu dengan Polres Jakpus dan Brimob yang ada di lapangan serta teman-teman dari TNI juga memberikan imbauan secara humanis kepada masyarakat tersebut agar tidak melakukan kegiatan lanjutan untuk kumpul di Patung Kuda," kata Zulpan.

"Sebelumnya mereka berkumpul di Wahid Hasyim ya beberapa saat. Namun, setelah diberi pemahaman terkait aturan hukum dan dampak yang terjadi jika mereka melakukan kegiatan lanjutan di Patung Kuda ini akan dapat sanksi-sanksi apabila tetap memaksakan kehendak. Nah syukur alhamdulillah masih bisa paham dan setelah itu bubarkan diri," sambung Zulpan.

Seperti diketahui, reuni 212 awalnya direncanakan digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta 2 Desember. Namun, Polda Metro Jaya dengan tegas tidak memberikan izin keramaian kegiatan tersebut.

Selain di kawasan Patung Kuda, Jakarta, reuni 212 sempat ingin digelar di Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor. Sayangnya pihak Az-Zikra tidak mengizinkan kegiatan external.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Samsudhuha Wildansyah
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US