Survei LSI: Prabowo Capres dengan Elektabilitas Tertinggi di Lampung

- Selasa, 15 Maret 2022 | 16:09 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Instagram/prabowo)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Instagram/prabowo)

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden (Capres) di Provinsi Lampung. Hasilnya nama Prabowo Subianto menjadi kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi dipilih masyarakat Lampung yakni 26,1 persen. 

“Hasil survei LSI tersebut menyimpulkan, dari simulasi semi terbuka (banyak nama) dan boleh menyebutkan nama lainnya, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto paling banyak dipilih, 26.1%, mengungguli nama-nama lainnya," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan , Selasa (15/3/2022). 

Di tempat kedua ada nama Ganjar Pranowo 23.1 persen, dan disusul Anies Baswedan 16.6 persen. Menurut Djayadi Prabowo masih disukai oleh masyarakat Lampung. Alasannya sosoknya yang tegas dan berwibawa membuat masyarakat memilih Menteri Pertahanan ini.

"Prabowo Subianto masih menjadi pilihan pertama bagi masyarakat Lampung. Prabowo Subianto dipilih terutama karena alasan tegas dan berwibawa. Selain itu Prabowo Subianto paling popular diantara calon lainnya. Popularitas Prabowo mencapai 96,9%," imbuhnya. 

Selain merilis elektabilitas calon Presiden, LSI juga merilis elektabilitas partai politik (parpol) yang menjadi pilihan masyarakat Lampung bila Pileg DPR RI dan DPRD Provinsi digelar saat ini. 

Pada simulasi semi terbuka 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lain, di Lampung, Partai Gerindra untuk sementara menduduki posisi kedua, setelah PDI Perjuangan. 

“Di Provinsi Lampung, pada simulasi 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lainnya, PDIP memperoleh 36.6%, disusul Gerindra 12.1% di urutan kedua. Selanjutnya adalah Golkar 10%, Demokrat 7.5%, PKB 5.9%, PKS 5.1%, dan NasDem 4.4%, partai lain lebih rendah. Dan belum menjawab 13.1%. Hasil ini menunjukkan terjadi pergeseran peringkat elektabilitas dimana pada Pileg 2019, Golkar menjadi partai terbesar kedua di Lampung," beber Djayadi.

Menurut Djayadi, kedisukaan dan tingkat keterpilihan partai banyak ditentukan oleh tokoh yang ada di partai tersebut. Partai Gerindra, misalnya, tampaknya masih banyak dipengaruhi oleh ketokohan figur pendiri sekaligus ketua umumnya yakni Prabowo Subianto. 

Baca Juga: Ini Alasan Prabowo Tetap sebagai Kandidat Capres yang Diminati Survei

Kemudian yang memberikan pengaruh adalah ketokohan di tingkat provinsi Lampung seperti Sekretaris Jenderal  Partai Gerindra Ahmad Muzani yang juga adalah anggota DPR RI dari Dapil Lampung 1.

Temuan menarik lainnya dari survei yang dirilis LSI adalah tentang persepsi terhadap partai dan tingkat kedisukaan terhadap partai di kalangan masyarakat Lampung. Tingkat kedisukaan PDIP bersaing ketat dengan tingkat kedisukaan pada Gerindra. Dalam skala atau skor kedisukaan 0 - 10, dimana makin mendekati angka 10 berarti makin tinggi kedisukaannya, skor untuk Gerindra adalah 6,269 bersaing dengan PDIP dengan skor 6,420. 

"Ini berarti PDIP dan Gerindra adalah dua partai paling disukai masyarakat di Lampung," jelas Djayadi.

Selain itu, LSI juga mengukur persepsi apakah partai menggambarkan masa lalu atau masa depan. Dalam skala nol hingga sepuluh, dimana semakin mendekatai sepuluh berarti makin menggambarkan masa depan, skor partai-partai adalah 6,132 untuk Gerindra, diikuti oleh Nasdem (5,991), PDIP (5,860), kemudian partai-partai lainnya. 

"Ini menunjukkan bahwa, Gerindra dalam penilaian para pemilih adalah partai yang paling menggambarkan masa depan dibanding partai-partai lainnya. Persepsi dan kedisukaan ini juga memberikan pengaruh kepada peta elektoral partai-partai baik di tingkat DPR RI maupun di tingkat DPRD provinsi Lampung," tutup Djayadi. 

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X