Penundaan Migrasi Siaran TV Analog ke Digital Dianggap Tepat

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 13:32 WIB
Ilustrasi televisi digital (Pixabay) (Pixabay)
Ilustrasi televisi digital (Pixabay) (Pixabay)

Anggota Komisi I DPR-RI Christina Aryani mengatakan keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang menunda pelaksanaan tahap pertama migrasi ke digital dari TV analog switch off (ASO) adalah tepat.

Dia mengapresiasi keputusan Kemenkominfo dan menilainya sebagai keputusan yang tepat. Pasalnya saat ini seluruh energi bangsa sedang fokus upaya melawan Covid-19 dan kebijakan tersebut akan memberikan dampak kepada masyarakat jika tetap dilanjutkan.

Baca Juga: Minta Tunda Migrasi ke TV Digital, Komisi I DPR: Jangan Tambah Beban Rakyat!

"Di saat hampir seluruh energi bangsa terarah pada upaya melawan pandemi Covid 19, keputusan mematikan siaran tv analog yang punya dampak besar pada masyarakat kita tentunya membutuhkan pertimbangan teramat matang," kata Christina kepada Indozone di Jakarta, Rabu (11/8/2021).

Politisi Partai Golkar menjelaskan, telah melakukan pemeriksaan ihwal kesiapan penyediaan set top box sebagai alat konversi yang diperlukan bagi tv analog untuk dapat menangkap siaran digital.

Akan tetapi, sambung dia, kenyataannya banyak stakeholders yang belum siap memenuhinya. Dia menekankan televisi merupakan kanal informasi resmi, bagaimana dampak terhadap upaya mengatasi pandemi jika akses masyarakat terhadap televisi serta merta ditiadakan.

"Bagaimana Pemerintah dapat mengklarifikasi hoaks yang marak di media sosial jika TV sebagai kanal informasi terpercaya tidak tersedia bagi sebagian masyarakat yang wilayahnya terkena suntik mati siaran analog. Belum lagi kenyataan bahwa TV merupakan satu-satunya hiburan dimasa PPKM ini bagi sebagian besar masyarakat kita," tegas dia.

Lebih jauh dia menekankan sejak awal DPR sudah menyampaikan keraguan kesiapan kita untuk sepenuhnya melakukan migrasi ke siaran digital. Diharapkan momentum penundaan ini menjadi kesempatan yang baik bagi para pemangku kepentingan untuk melakukan sosialisasi secara lebih masif lagi kepada masyarakat di wilayah.

"Agar semakin siap menikmati siaran digital, menghitung kebutuhan riil serta kesiapan penyediaan set top box dengan matang dan memperkirakan timeline analog switch off (ASO) yang rasional," tandasnya.

Sebagai infromasi sedianya pelaksaan ASI tahap pertama akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang, namun kemudian batal dilaksanakan dan akan melakukan penjadwalan ulang oleh Kemenkoinfo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X