Usai Bipang Ambawang, Jokowi 'Terpeleset' Lidah Sebut Provinsi Padang, Banjir Kritikan

- Rabu, 19 Mei 2021 | 15:34 WIB
Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja lihat perkembangan proyek tol trans Sumatera. (Youtube)
Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja lihat perkembangan proyek tol trans Sumatera. (Youtube)

Usai salah menyebutkan menu kuliner babi panggang (Bipang) Ambawang asal Kalimantan jadi oleh-oleh buat lebaran, kini Presiden Joko Widodo 'terpeleset' lidah sebut Kota Padang sebagai Provinsi.

Ini terjadi saat Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja meninjau pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera untuk ruas Pekanbaru-Padang, seksi Pekanbaru-Bangkinang, Kota Pekanbaru, Rabu (19/5/2021).

Namun, ketika memberikan kata sambutan, Jokowi mengatakan Padang sebagai salah satu provinsi. Pada Youtube Sekretariat Presiden tepat di menit ke 15.50. 

"Sekali lagi dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini, kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat dan kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain,” ujarnya.

“Dan produk-produk yang ada, baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik. Terutama, dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," kata Jokowi.

Kontan saja salah ucap Jokowi pun jadi bahan kritikan di media sosial hingga menyinggung wawasan kebangsaan Jokowi.

"Mungkin pak presiden ingin merubah nama provinis SUMATERA BARAT menjadi Provinsi Padang ? Padahal kami lagi memperjuangkan berubah nama provinsi Daerah Istimewa Minangkabau Karna memang minangkabau istimewa karna banyak yang istimewa hehhe," twit akun Twitter @AntonPr12594871.

Ada juga candaan netizen soal salah sebut nama provinsi ini hingga rumah makan Padang dinilai harus turun untuk meminta maaf.

"Salah pidato kota kelahiran Bung Karno, yang minta maaf penulis pidato. Salah promosi Bipang, yang minta maaf Menteri Perdagangan. Salah sebut Provinsi Padang, yang minta maaf pemilik rumah makan," tulis akun @UyokBack.

Namun yang lain juga sedang menunggu klarifikasi dari juru bicara presiden. Seperti apa nantinya ya?

"Lagi nunggu klarifikasi dari bang Fadzroel dan bang Ngabalin terkait Provinsi Padang . Saya juga baru tahu ternyata Padang adalah salah satu provinsi di Indonesia," twit akun @JebulMania291.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X