Meriahkan HUT RI, 12 Ribu Botol Plastik Bekas Disulap Jadi Piramida

- Jumat, 9 Agustus 2019 | 11:31 WIB
Ornamen piramida yang dibuat dengan memanfaatkan 12 ribu botol plastik bekas dari sampah para pendaki Gunung Merbabu. (Antara foto/Aloysius Jarot Nugroho)
Ornamen piramida yang dibuat dengan memanfaatkan 12 ribu botol plastik bekas dari sampah para pendaki Gunung Merbabu. (Antara foto/Aloysius Jarot Nugroho)

Warga lereng Gunung Merbabu memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia dengan memanfaatkan limbah botol plastik bekas yang disulap menjadi bangunan piramida.

Puluhan warga Dukuh Surodadi Desa Tarubatang Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mengumpulkan puluhan ribu botol bekas air mineral dari sampah para pendaki Gunung Merbabu.

Menurut Tarno Ketua Kelompok Pecintan Alam (KPA), Rajawali, Dukuh Surodadi, untuk pembuatan piramida tersebut membutuhkan botol bekas air meneral sekitar 12 ribu botol.

Botol plastik tersebut kemudian dirangkai dengan kawat, dan ditempelkan pada rangka piramida terbuat dari bahan bambu.

Ia mengatakan setiap hari rata-rata warga bisa mengumpulkan limbah botol air mineral bekas pendaki mencapai 1000 botol.

"Habis musim liburan banyak pendaki yang melakukan pendakian ke puncak Merbabu," kata Tarno, di Surodadi, Kamis (8/8/2019).

Butuh waktu sekitar satu bulan untuk membuat bangunan piramida dengan ukuran panjang 12 meter dan tinggi empat meter tersebut.

Warga di lereng Gunung Merbabu cukup kreatif, mereka memanfaatkan limbah botol air mineral untuk menghiasi kampung agar lebih meriah dalam menyambut Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan RI pada 2019.

"Pada puncak piramida diberikan bendera Merah Putih di salah satu sisinya, sehingga terlihat gagah dan berani," katanya.

Piramida itu sendiri berdiri di pinggir perempatan Dukuh Surodadi di Jalan Gebyok-Jeruk, Selo Boyolali.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X