Mbah Moen Meninggal, Petugas Haji Rebutan Menyentuh Jenazahnya

- Selasa, 6 Agustus 2019 | 18:01 WIB
(photo/ANTARA/Hanni Sofia)
(photo/ANTARA/Hanni Sofia)

Para petugas haji berebut menyentuh jenazah Mbah Moen saat tiba di Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Mekkah, Arab Saudi, Selasa. Jenazah Mbah Moen akan dimakamkan di Al Ma'la atau Al Mualla di Mekkah.

"Berebut kami, ratusan petugas haji yang saat ini berada di Makkah untuk bisa menyentuh jenazah Beliau saat tiba di Daerah Kerja Mekkah," kata Ketua Umum Pengurus Besar Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (PB FKAPHI) HM Affan Rangkuti di Mekkah.

Affan mengatakan dirinya mengenal Mbah Moen saat menjadi petugas haji tahun 2013 silam.

Kala itu Mbah Moen tengah menyampaikan tausiah dan membacakan doa pada malam taaruf di depan 800 lebih petugas haji Indonesia dalam pertemuan untuk mempersiapkan pelaksanaan ibadah di Arafah-Muzdalifah-Mina.

"Saya mendengar suara Beliau yang begitu menggetarkan sanubari saya. Tersentak hati ini untuk mendengarkannya dengan khidmat, pria sepuh namun memiliki suara yang tegas, ber-tone namun lembut itu bernama KH Maimoen Zubair. Sejak saat itu, saya mengidolakan Beliau, bahwa inilah ulama yang bisa menggetarkan hati saya dengan doanya," katanya.

Affan sebelumnya berharap jika Mbah Moen bisa kembali lagi dan menyampaikan tausiah serta membacakan doa pada malam taaruf petugas haji tahun ini.

Namun takdir berkata lain, Mbah Moen berpulang ke rahmatullah pada Selasa pagi.

"Namun ketika saya bertugas tahun ini, bukan doa Beliau yang saya dengar, namun doa untuk Beliaulah yang saya dengar dengan khidmat. Begitu mulianya ulama ini, Beliau wafat di bulan haji dan memang datang untuk menunaikan haji. Semoga Allah SWT menempatkan engkau kyai ditempat terbaik-Nya," kata dia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X