Pohon Hayat Terpilih Jadi Logo IKN, Diumumkan Langsung oleh Presiden Jokowi

- Rabu, 31 Mei 2023 | 09:27 WIB
Presiden Jokowi umumkan pemenang logo IKN. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Jokowi umumkan pemenang logo IKN. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan pemenang sayembara logo IKN yang digelar beberapa waktu lalu. Desain dengan tema pohon hayat buatan Aulia Akbar, terpilih sebagai pemenangnya.

"Logo yang terpilih bertema pohon hayat, yang didesain oleh Mas Aulia Akbar," kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Logo ini memiliki elemen-elemen khusus yang melambangkan makna tertentu. Terdapat lima akar di bagian bawah yang mewakili Pancasila, tujuh batang di bagian tengah yang mewakili tujuh pulau besar di Indonesia, dan bunga dengan 17 kelopak di bagian atas yang mewakili tanggal kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Pemerintah Ajak Rakyat Indonesia untuk Memilih Logo Ibu Kota Negara Baru Nusantara

Presiden Jokowi berharap logo dengan tema pohon hayat ini akan menjadi sumber inspirasi bagi Ibu Kota Negara Nusantara, untuk menciptakan sebuah tempat baru yang juga menjadi simbol kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia di masa depan. 

-
Presiden RI, Joko Widodo bersama Aulia Akbar pemenang logo IKN. ( ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Menurut Presiden Jokowi, logo pohon hayat memiliki filosofi yang sejalan dengan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara.

"Menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, bangsa yang besar, bangsa yang majemuk, dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam, lingkungan, beserta ekosistemnya," kata Jokowi.

Presiden juga menegaskan bahwa logo yang terpilih akan memperkuat upaya bersama untuk berkontribusi dalam percepatan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara.

Sebelumnya, Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara, Bambang Susantono, menjelaskan bahwa sayembara desain logo Ibu Kota Negara Nusantara telah menarik lebih dari 500 desainer yang kemudian diseleksi oleh tim kurator dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Tim kurator kemudian memilih 10 desainer untuk mempresentasikan makna dari logo yang mereka buat. Dari 10 desainer tersebut, Presiden Jokowi memilih lima logo yang kemudian diputuskan melalui jajak pendapat publik.

Proses jajak pendapat dilakukan dari tanggal 4 April hingga 20 Mei 2023, dan berhasil mengumpulkan lebih dari 500.260 suara dalam pemilihan logo Ibu Kota Negara Nusantara.

Baca Juga: Perusahaan Tambang Ilegal Dibangun di Sekitar IKN, Pansus Lakukan Investigasi ke Lokasi 

Aulia Akbar, salah satu pendiri rumah desain POT Branding House, menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp185 juta.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X