Komjen Ahmad Dofiri, Jenderal yang Pecat Ferdy Sambo Dilantik Jadi Irwasum

- Rabu, 1 Maret 2023 | 10:22 WIB
Komjen Pol Ahmad Dofiri (kanan) dilantik jadi Irwasum. (Dok Divisi Humas Polri)
Komjen Pol Ahmad Dofiri (kanan) dilantik jadi Irwasum. (Dok Divisi Humas Polri)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sudah melantik Komjen Pol Ahmad Dofiri dalam jabatan barunya sebagai Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri. Sang jenderal yang memecat Ferdy Sambo kini sudah resmi menyandang jabatan barunya.

"Betul, telah dilantik Komjen Pol Agung Budi ke Komjen Pol Ahmad Dofiri," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga: Kapolri Klaim Helikopter yang Ditumpangi Kapolda Jambi Masih Layak Digunakan

Saat proses sertijab, Kapolri menyampaikan apresiasinya terhadap Komjen Agung karena kinerjanya selama menjadi Irwasum Polri.

"Tentunya dalam kesempatan ini saya, secara khusus mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya pada Pak Irwasum Polri (Komjen Agung Budi Maryoto) yang sampai dengan hari terakhir ini, beliau sangat luar biasa dalam menunjukan dedikasi dan loyalitas," kata Kapolri.

Terhadap Komjen Dofiri, Jenderal Sigit berharap Dofiri bisa meneruskan tugas Agung.

"Tentunya apa yang telah Pak Irwasum torehkan menjadi legasi bagi kita semua. Dan saya harap Pak Irwasum yang baru bisa pertahankan dan tentu harapannya dijaga dan ditingkatkan," ucapnya. 

Baca Juga: Resmi Dipecat, Ferdy Sambo Bukan Anggota Polisi Lagi!

Lebih jauh mantan Kabareskrim Polri ini menyinggung terkait kepercayaan publik terhadap Polri pasca banyaknya kasus-kasus yang menyeret internal Polri. Ditekankannya, Polri harus bekerjasama mengambil kembali kepercayaan publik.

"Utamanya karena kita saat ini sedang menghadapi situasi yang tentunya semua rekan-rekan tahu kita dihadapkan dengan dinamika yang menurunkan tingkat kepercayaan publik dan saat ini tentunya kita semua harus solid, kerja sama dan kerja keras untuk mengembalikan kepercayaan publik," kata Kapolri.

Diketahui, Kapolri merombak sejumlah jabatan strategis di Mabes Polri salah satunya posisi Irwasum Polri. Komjen Agung Budi digantikan Komjen Ahmad Dofiri sebagai Irwasum.

-
Komjen Pol Ahmad Dofiri dilantik jadi Irwasum. (Dok Divisi Humas Polri)

Mutasi itu tertuang dalam surat telegram dengan nomor ST/497/II/KEP./2023ST/498/II/KEP./2023. Komjen Agung sendiri dipindahtugaskan menjadi pati Itwasum Polri karena sudah memasuki masa pensiun sedangkan Komjen Dofiri meninggalkan jabatan lamanya sebagai Kabaintelkam Polri.

Sosok Pemecat Ferdy Sambo

Di balik kasus pembunuhan Brigadir J oleh mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo, Dofiri turut andil dalam penanganan kasus tersebut. Sang jenderal bintang tiga ini ditunjuk untuk mengadili Ferdy Sambo yang kala itu berpangkat jenderal bintang dua dalam sidang kode etik.

Hasilnya, sidang kode etik yang dipimpin Dofiri memutuskan memecat secara tidak hormat Ferdy Sambo dari institusi Polri.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X