KIB Dinilai Bakal Dapat Nilai Positif Jika Mengusung Capres Berasal dari Internal

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:49 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Sejumlah kader partai Golkar mendesak agar Ketua Umumnya Airlangga Hartarto untuk segera mendeklarasikan diri maju sebagai capres dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Lantas bagaimana peluangnya?

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menanggapi kemunculan dukungan untuk Airlangga Hartarto untuk maju sebagai calon presiden (capres) sebagai angin segar bagi KIB. Karena menunjukkan harga diri partai yang tergabung di KIB karena mampu mengusung capres dari internal KIB.

“Ini tentu menjadi angin segar untuk Airlangga. Karena bagaimanapun KIB perlu sosok capres yang memiliki elektabilitas bagus. Seperti kata DPD Golkar, bahwa elektabilitasnya makin naik," kata Ujang kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Dikatakan Ujang, hal itu juga menjadi peluang bagus bagi Airlangga untuk menjadi capres KIB. Menurut Ujang, persaingan di KIB harus dilihat dari indikator suara. Apalagi perolehan Golkar lebih tinggi dibanding PPP dan PAN dalam Pemilu 2019, baik jumlah suara maupun jumlah kursi di DPR.

"Artinya dalam konteks kalkulasi dan rasionalisasi politik maka capres Golkar  adalah bisa Airlangga," ucap Ujang.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Nyatakan Siap Maju di Pilpres, Golkar: Capres Kita Pak Airlangga

Selain itu pencapresan Airlangga juga menunjukkan harga diri partai yang tergabung di KIB karena mampu mengusung capres dari internal KIB.

“Tetapi yang bagus ketika KIB mengusung capres internal karena berkaitan dengan harga diri partai dan KIB," ubgkapnya.

Ujang menilai persaingan akan semakin ketat dan dinamis. Peluang Airlangga untuk maju sebagai capres adalah bagaimana Airlangga bisa mendapatkan dukungan internal secara formal organisasi maupun dukungan dari kader.

Airlangga juga perlu mendapatkan dukungan dari komunitas - komunitas dari luar. Selain itu, Airlangga juga harus bisa meningkatkan elektabilitas.

“Itu yang harus dijaga oleh Pak Airlangga. Untuk apa? Untuk tetap bisa eksis menjadi capres," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X