Viral Petugas Terminal Tirtonadi Terima "Salam Tempel", Gibran: Jangan Banyak Alasan!

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 18:56 WIB
Viral petugas terminal Tirtonadi terima 'salam tempel' (Dok. Pribadi)
Viral petugas terminal Tirtonadi terima 'salam tempel' (Dok. Pribadi)

Sebuah video yang diunggah akun TikTok @ingatnafas viral di media sosial, tentang adanya dugaan petugas menerima 'salam tempel' di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah.

Video berdurasi singkat tersebut berisi rekaman seorang pria yang mengenakan seragam petugas terminal, sedang memeriksa surat-surat ataupun dokumen dari seorang pria berkaos ungu.

-
Video pungli di Terminal Tirtonadi viral di TikTok (Dok. Pribadi)

Selang beberapa waktu, pria berbaju ungu tersebut menyerahkan ‘sesuatu’ di bawah kertas yang sedang dicek oleh petugas. Lalu tangan petugas menyambut tangan pria tersebut.

Akun TikTok @ingatnafas yang mengunggah video tersebut, menuliskan status dengan ‘mencolek’ Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

-
Terminal Tirtonadi, Solo (Is Ariyanto/ Z Creators)

Status tersebut berbunyi: “ki lho pak @Gibran Rakabuming @Ganjar Pranowo, jare mboten pareng jabat tangan, kudu social distancing? ha iki kok salaman e ngungu jal?” (Ini lho pak @Gibran Rakabuming @Ganjar Pranowo, katanya tidak boleh berjabat tangan, harusnya kudu social distancing? Ha, ini kok bersalaman, bagaimana ini?)

-
Gibran Rakabuming tanggapi kasus pungli yang viral di sosmed (Is Ariyanto/ Z Creators)

Informasi yang dikumpulkan Tim Z Creators, Is Ariyanto, video tersebut direkam sekitar Mei 2022. Dan oknum petugas berseragam tersebut adalah pengawai kontrak Terminal Tirtonadi Solo. Saat ini oknum pegawai kontrak tersebut telah mendapatkan tindak disiplin berupa pemecaatan dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan DIY, yang membawahi operasional Terminal Tirtonadi.

Terkait dengan hal tersebut, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan mendukung penuh keputusan dari BPTD.

"Saya ikut keputusannya saja," kata Gibran Rakabuming Raka, usai menghadiri sebuah acara di Alila Hotel, Rabu (29/6/2022).

Sementara itu, dari hasil klarifikasi dan asesmen, karyawan kontrak tersebut mengaku baru pertama kali melakukan pungli dan telah meminta maaf.

"Kalau salah ya salah. Ra usah kakean alasan (jangan banyak alasan)," tegas Gibran.

Gibran juga mengimbau kepada masyarakat jika menemukan kejadian serupa (pungli) di Solo, ia meminta warga untuk tidak segan melaporkan langsung pada drinya.

Laporan dapat berupa foto ataupun video.  

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X