Pelarian Anak Kiai Jombang Buron Pencabulan, Berakhir di Malam Jumat Kliwon!

- Jumat, 8 Juli 2022 | 08:32 WIB
Mas Bechi menyerahan diri kepada polisi. (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)
Mas Bechi menyerahan diri kepada polisi. (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Kasus pencabulan dengan tersangka MSAT atau Moch Subchi Azal Tzani alias Mas Bechi bukan kasus baru. Mas Bechi adalah anak Kiai Muchtar Mu’thi yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Shiddiqiyah, Ploso, Jombang, Jawa Timur. 

Kasus pencabulan ini mencuat ketika salah satu santriwati melaporkan MSAT pada 29 Oktober 2019 lalu. Pada 12 November 2019 terbit Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) bernomor B/175/XI/RES.124/2019/Satreskrim Polres Jombang.

MSAT pun ditetapkan sebagai tersangka. Namun, selama ditangani Polres Jombang, MSAT tidak bisa tertangkap. Ayahnya Muchtar Mu’thi yang merupakan kiai kondang di Jombang menghalangi penangkapan. 

Mas Bechi masih bebas hingga berganti Kapolda Jatim

-
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta memantau Ponpes Shiddiqiyyah. (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Jalanan panjang kasus pencabulan Mas Bechi terus bergulir hingga kasus ini diambil alih oleh Polda Jawa Timur pada Januari 2020. Total berganti tiga jenderal pimpinan Polda Jatim, Mas Bechi belum sekalipun merasakan jeruji besi. 

Ketiga Kapolda Jatim tersebut masing-masing adalah Irjen Pol Luki Hermawan yang menjabat 13 Agustus 2018 hingga 1 Mei 2020. Kemudian Irjen Pol M. Fadil Imran yang menjabat dari 1 Mei 2020 hingga 16 November 2020. Lalu terakhir Irjen Pol Nico Afinta yang menjabat dari 16 November 2020 hingga sekarang. 

Kasus Mas Bechi kembali ramai

-
Polisi kepung Ponpes Shiddiqiyyah, Ploso, Jombang. (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Kasus ini kemudian ramai kembali usai video upaya penangkapan Mas Bechi viral. Dalam video tersebut Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mendatangi Kiai Muchtar Mu’thi untuk menangkap Mas Bechi, namun justru dihalangi dan diberi ceramah. Publik lantas geram, lantaran Mas Bechi sudah ditetapkan sebagai buron, namun belum juga bisa ditangkap. 

"Semua masih berproses. Polisi sudah menangani melewati pra peradilan. P19 sebanyak 3 kali, 4 kali koordinasi Kejaksaan sudah sehumanis mungkin," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto, saat dihubungi pada Kamis (7/7/2022). 

Mas Bechi menyerahkan diri

-
Mas Bechi menyerahan diri kepada polisi. (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Polda Jatim seolah tak ingin kembali gagal, proses negosiasi dan pengepungan Ponpes Shiddiqiyyah kembali dilakukan, Kamis, 7 Juli 2022. Sedari pagi aparat mencoba menangkap Mas Bechi. Sempat ada perlawanan dari pengurus ponpes. Namun setelah 17 jam sembunyi, sekitar pukul 23.00 WIB tepatnya pada malam Jumat Kliwon Mas Bechi menyerahkan diri! 

BACA JUGA: 

  1. MENCEKAM! Video Upaya Penggerebekan Anak Kiai Jombang DPO Cabul
  2. FOTO: Polisi Kepung Ponpes Shiddiqiyyah, Jemput Paksa Anak Kiai Jombang DPO Pencabulan
  3. Begini Penampakan Terkini Ponpes Anak Kiai Jombang Buron Kasus Pencabulan!
  4. 17 Jam Sembunyi, Mas Bechi DPO Pencabulan Akhirnya Menyerahkan Diri!

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Ceators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X