Youth Innovation Festival, Hadir dari Jawa Barat untuk Ribuan Anak Muda Indonesia!

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:52 WIB
Youth Innovation Festival 2022 (photo/YIF2022)
Youth Innovation Festival 2022 (photo/YIF2022)

Anak muda tak bisa dipisahkan dari diskusi mengenai masa depan bumi dan segala makhluk yang mengisinya. Sebagai agen perubahan, anak muda punya kepentingan untuk menyalurkan gagasan dan ide mereka demi keberlangsungan bumi dan manusianya.  Oleh karena itu, peranan anak muda harus selalu ditonjolkan.

Dalam hal ini pemerintah berkolaborasi dengan anak muda bergerak untuk memberi ruang diskusi dan implementasi hasil dari KTT Y20 di Indonesia. Kali ini, Jawa Barat ditunjuk sebagai tuan rumah untuk agenda post event bertajuk Youth Innovation Festival.

Youth Innovation Festival akan menjadi jembatan sosialisasi hasil KTT Y20 kepada ribuan anak muda Indonesia. Main event Youth Innovation Festival sendiri digelar pada tanggal 21 Agustus 2022 dan bisa disaksikan secara luring atau daring. Secara luring di Alun-Alun Kota Bogor dan daring pada platform Metaverse.

Alun-Alun Kota Bogor dipilih menjadi lokasi main event karena merupakan third space tempat berkumpulnya anak muda untuk saling berbagi ide kreatif dan berjejaring. Terlebih, "Bogor" dan "Inovasi" bagai dua hal yang tak bisa dipisahkan begitu saja. Hal tersebut terbukti dari raihan Kota Bogor sebagai salah satu kota yang mendapat penghargaan sebagai Pemda Terinovatif oleh Kemendagri pada tahun 2019 dan 2020.

-
Alun-Alun Kota Bogor (photo/YIF2022)

Selain itu, Youth Innovation Festival juga akan bisa disaksikan secara luring melalui Meta Platform Virtual. Menggunakan platform Metaverse jadi salah satu inovasi penting pada event ini agar ide-ide kreatif dan inovasi anak muda Jawa Barat yang sudah terkurasi di Youth Innovation Festival bisa disaksikan oleh semua orang sekaligus sebagai wujud keseriusan slogan “Dimulai dari Jabar untuk Indonesia”. Platform virtual sudah dapat diakses melalui: https://jabar-youthinfest.vuturist.live

-
Youth Innovation Festival 2022 (photo/YIF2022)

Sebagai ajang diskusi anak muda dan post event untuk KTT Y20, pembahasannya Youth Innovation Festival juga berfokus pada 4 tema prioritas Y20, yaitu: Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital ,Planet yang Layak Huni dan Berkelanjutan, Keberagaman dan Inklusi. Semua topik tersebut terbilang cukup krusial untuk dibahas dan segera diselesaikan demi kehidupan manusia yang lebih baik.

Youth Innovation Festival akan membahas tuntas empat tema prioritas Y20 dan bagaimana cara mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari anak muda Indonesia. Narasumber yang hadir mewakili anak muda dari berbagai aspek. Mulai dari business leader, community leader, dan expert di keempat tema prioritas Y20 tersebut.

Beberapa nama yang akan hadir dan meramaikan Youth Innovation Festival antara lain ada Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat , Bima Arya selaku Wali Kota Bogor, dan Doni Primanto Joewono selaku Deputi Gubernur Bank Indonesia. Selain itu ada beberapa perwakilan anak muda yang akan sharing dan berbagi pengetahuannya. Ada Dharmaji Suradika dan Michael Sianipar yang mewakili Community Leader, serta Desy Bachir dan Salman Subakat yang akan mengisi sesi dari Business Leader. Masih banyak lagi perwakilan anak muda yang akan datang dan meramaikan Youth Innovation Festival di Bogor tanggal 21 Agustus 2022.

Sebelumnya, rangkaian Youth Innovation Festival sendiri sudah dimulai sejak bulan Mei 2022. Ada beberapa rangkaian pre-event yang sudah dilaksanakan di 3 kota, yaitu Bogor, Depok, dan Bekasi. 

Sesi pre-event di masing-masing kota diakhiri dengan menulis surat refleksi peran yang dilakukan oleh komunitas dengan harapan tulisan-tulisan tersebut dalam membuka lembaran diri mengenai kontribusi apa yang sudah, sedang, dan akan dilakukan. Hasil surat refleksi dari masing-masing kota tersebut nantinya akan dikumpulkan menjadi antologi buku “Semua Ambil Peran” yang akan diluncurkan pada kegiatan Main Event Youth Innovation Festival pada 21 Agustus 2022.

Dengan adanya dukungan Kang Emil selaku Gubernur Jawa Barat dan Kang Bima selaku Walikota Bogor, gelaran Youth Innovation Festival sebagai post-event KTT Y20 diharapkan bisa menumbuhkan semangat #SemuaAmbilPeran yang tinggi dalam diri anak muda sehingga mereka lebih berpartisipasi terhadap dunia dengan mengambil aksi nyata dalam berkontribusi untuk Indonesia lewat cara, keahlian dan perannya masing-masing.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X