Biar Masyarakat Gak Bingung, Bamsoet Minta PPATK Ungkap Semua Aliran Dana ACT

- Kamis, 14 Juli 2022 | 11:04 WIB
Pegawai beraktivitas di kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT), Menara 165. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
Pegawai beraktivitas di kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT), Menara 165. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mendukung agar Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap semua transaksi yang dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT). Termasuk juga soal dugaan adanya indikasi tindak pidana penyelewengan dana.

“Meminta agar PPATK dapat mengungkap semua aliran dana ACT, dan memberikan penjelasan dengan baik kepada aparat penyidik agar tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat terhadap kasus tersebut,” kata Bamsoet kepada wartawan, Kamis (14/7/2022).

Dikatakan Bamsoet, kasus dugaan penyelewengan dana oleh ACT sangat menyita perhatian publik. Apalagi, PPATK juga menemukan indikasi keuangan yang mencurigakan dari transaksi ACT.

“Mengingat adanya indikasi-indikasi keuangan yang mencurigakan yang ditemukan dari data aliran keuangan lembaga ACT, sudah ditemukan oleh PPATK sejak 2014,” jelas Bamsoet.

Bamsoet harap PPATK dapat memberikan dukungan data baik kepada tim penyidik polri maupun kepada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), agar hasil analisis transaksi keuangan ACT terkait temuan adanya indikasi pendanaan terorisme dapat segera ditindaklanjuti dengan melakukan investigasi secara mendalam.

“Hal ini guna menelusuri dan mengungkap dugaan transaksi untuk individu ataupun organisasi yang terlibat terorisme,” urainya.

BACA JUGA: Keputusan Kemensos Cabut Izin ACT Tuai Kritik, Dinilai Tergesa-gesa

Bahkan Bamsoet ingin pemerintah untuk melakukan audit secara menyeluruh terhadap keuangan ACT, dan meminta pihak ACT dapat memberikan keterangan secara terbuka kepada penyidik dan masyarakat.

“Sehingga duduk perkara dari indikasi tindak pidana yang dilakukan oleh ACT dapat diungkap lebih jelas,” saran Bamsoet.

Lebih jauh mantan Ketua DPR RI ini mengimbau kepada PPATk agar dapat lebih dini dalam melaporkan setiap adanya informasi transaksi yang mencurigakan kepada penegak hukum.

“Meminta PPATK untuk lebih dini dalam melaporkan setiap adanya informasi transaksi keuangan mencurigakan kepada penegak hukum, agar ditindaklanjuti sesuai hukum positif yang berlaku,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X