Geger! Banyak Penculikan Anak di Tulungagung, Ternyata Begini Faktanya

- Kamis, 2 Februari 2023 | 09:41 WIB
Polres Tulungagung. (Z Creators/Firmanto Imansyah)
Polres Tulungagung. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Masyarakat di Kabupaten Tulungagung digegerkan dengan kabar penculikan anak. Pasalnya, kabar penculikan anak ini telah menyebar ke berbagai media sosial. 

Dalam kabar itu ditampilkan sejumlah foto-foto wajah yang diklaim sebagai pelaku penculikan anak serta dilengkapi narasi dan lokasi penculikan di Tulungagung.

Menanggapi hal ini Kasi Humas Polres Tulungagung, Iptu Anshori memastikan bahwa kabar tersebut tidak benar.

-
Kasi Humas Polres Tulungagung Iptu Anshori. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Anshori memastikan, sampai saat ini tidak ada laporan maupun kecurigaan dari masyarakat di Tulungagung yang mengarah kepada aksi penculikan anak.

Beredarnya kabar itu menurutnya menimbulkan kecemasan dan memunculkan potensi gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat Tulungagung.

"Kabar yang beredar itu kita pastikan hoaks. Tidak perlu dipercaya dan jangan membuat masyarakat gaduh. Sampai saat ini di Tulungagung belum ada laporan soal itu dan tidak terjadi di Tulungagung," ujarnya pada Rabu (01/02/2023).

Pihaknya meminta masyarakat yang sudah mendapatkan pesan tersebut tidak panik, terprovokasi, tapi jangan lengah dalam mengawasi anak-anaknya, terutama saat bermain di luar ruangan.

"Kami meminta masyarakat tidak panik dan tidak mudah membagikan kabar seperti itu, kalau dapat share lagi di grup, tidak usah dibagikan," jelasnya.

Anshori mengingatkan masyarakat agar memberikan juga pemahaman sekaligus wawasan kepada anak-anaknya agar lebih waspada saat berada di luar rumah, termasuk enggak mudah menerima hadiah dan ajakan dari orang asing. 

-
Kabar penculikan anak di Tulungagung hoax. (Dok. Polres Tulungagung)

Selain itu, orang tua juga harus fokus mengawasi anak-anaknya saat bermain di luar ruangan dan nggak lebih berfokus main ponsel atau lain sebagainya.

Sementara untuk orang tua yang sudah memiliki anak yang sekolah, diharapkan sudah bersiap menjemput anaknya sebelum jam pulang sekolah.

"Nah masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaan dan memberikan pengetahuan kepada anaknya agar tidak mudah menerima hadiah dari orang lain yang tidak dikenal, agar tidak segan-segan berteriak kalau mau diajak oleh orang tidak dikenal. Masyarakat sendiri juga jangan abai apalagi saat mengajak anaknya di tempat umum, jangan sibuk main handphone, tapi harus tetap dijaga anaknya," jelasnya.

Polres Tulungagung sendiri juga menyiapkan call center 110 yang bisa dihubungi masyarakat apabila mendapati orang mencurigakan di sekitarnya.

"Kita juga ada call center yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Ketika mendapatkan ancaman maupun gangguan atau mendapati hal-hal yang mencurigakan di sekitar lingkungannya," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X