Penumpang Kapal ke Merak Sudah Mulai Alami Peningkatan

- Selasa, 18 April 2023 | 07:40 WIB
Jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pelabuhan Merak, Banten, mulai mengalami peningkatan pada mudik Lebaran 2023. (ANTARA FOTO/Andri Saputra)
Jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pelabuhan Merak, Banten, mulai mengalami peningkatan pada mudik Lebaran 2023. (ANTARA FOTO/Andri Saputra)

Jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pelabuhan Merak, Banten, mulai mengalami peningkatan pada momen mudik Lebaran 2023.

"Menurut data jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak Banten terus meningkat" kata General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Rudi Sunarko, di Bakauheni, Senin (17/4/2023).

Berdasarkan data Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni pada 16 April hingga 17 April, jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 1.817 orang. Jumlah itu mengalami peningkatan dari hari sebelumnya yang hanya 1.734 orang.

Baca Juga: H-5 Lebaran, Jumlah Pemudik di Terminal Bekasi Naik 50 Persen

Begitu pula dengan jumlah penumpang di atas kendaraan sebanyak 44.191 orang. Sedangkan hari kemarin hanya 36.874 orang.

Jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang sebanyak 5.410 unit. jumlah itu jauh meningkat dari satu hari yang lalu dimana hanya sebanyak 4.360 unit.

Sementara itu, jumlah truk dan kendaraan besar mengalami penurunan. Jumlah kendaraan truk hanya 2.165 unit, turun dari kemarin yang sebanyak 2.276 unit.

Baca Juga: Jasa Marga Catat 314 ribu Kendaraan Meninggalkan Jabotabek hingga H-6 Lebaran

Tidak hanya penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan saja yang mengalami peningkatan, jumlah kendaraan roda dua pun mengalami peningkatan.

"Jumlah penumpang kapal dengan menggunakan kendaraan roda dua pada hari ini sebanyak 493 unit, jumlah itu mengalami peningkatan dari hari kemarin yang hanya 411 unit," kata Rudi.

Rudi pun mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Feri dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X