BUMN Miliki Peran Penting Bangkitkan Kembali Sektor Pariwisata yang Sempat Terpuruk

- Minggu, 24 Juli 2022 | 00:36 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mencoba permainan tapak gunung pada gelaran Festival Dolanan Tradisional di Bintaro, Tangerang, Banten. (ANTARA/Fauzan).
Menteri BUMN Erick Thohir mencoba permainan tapak gunung pada gelaran Festival Dolanan Tradisional di Bintaro, Tangerang, Banten. (ANTARA/Fauzan).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BUMN memiliki peran penting untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata yang sempat terpukul paling parah oleh pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Erick menilai untuk membangkitan sektor pariwisata, perlu adanya kolaborasi ekosistem dari hulu ke hilir.

"Di awal tahun 2020 kami meluncurkan holding pariwisata dengan nama Indonesia Journey. Holding ini menjadi lompatan bagi ekosistem pariwisata dalam negeri yang terintegrasi dan terkonsolidasi," kata Erick baru-baru ini.

Lebih lanjut, Erick mengatakan BUMN harus memberi kontribusi lebih besar lagi dalam memghidupkan efek berlipat ganda di berbagai macam sektor lainnya. Untuk itu, BUMN harus melakukan refocusing.

"Kita melakukan refocusing ini agar lebih banyak wisatawan domestik di tengah pemulihan ekonomi nasional," kata Erick.

Wisata Indonesia, kata Erick Thohir lagi, adalah 80 persennya turis domestik yang selama ini belum dilayani secara maksimal bahkan dinomorduakan.

Padahal, kata Erick Thohir, wisatawan domestik menjadi kekuatan pariwisata Indonesia selama pandemi melanda dunia termasuk Indonesia.

-
BUMN Miliki Peran Penting untuk Bangkitkan Sektor Pariwisata (Istimewa)

BACA JUGA: Istaka Karya Pailit, Erick Thohir Terus Rampingkan BUMN hingga Ideal

Lebih jauh Erick Thohir menjelaskan, aset-aset BUMN bisa dimaksimalkan penggunaannya agar tujuan pariwisata baru bisa tercapai.  Erick Thohir mencontohkan upayanya merenovasi Pusat Perbelanjaan Sarinah turut mengangkat pelaku UMKM naik kelas.

"Kita juga membangun theme park dan water park karena BUMN percaya pembangunan tempat wisata dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat lokal sekaligus meningkatkan ekonomi daerah," pungkasnya.

Pada bagian lain Erick Thohir menegaskan, merevitalisasi objek-objek wisata di berbagai daerah dapat menjadi potensi ekonomi baru.

"Revitalisasi wisata di daerah kita lakukan untuk menyediakan atraksi yang menarik bagi wisatawan, akomodasi yang nyaman kita siapkan sehingga wisatawan mendapat pengalaman yang menyenangkan, dan aksesibilitas kita persiapkan agar wisatawan bisa menempuh jalan dengan nyaman," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X