Kominfo Buka Akses Internet 21 Kabupaten di Papua

- Sabtu, 7 September 2019 | 13:07 WIB
Plt. Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu (www.kominfo.go.id)
Plt. Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu (www.kominfo.go.id)

Jumlah kabupaten/kota di Provinsi Papua yang akses internetnya kembali dibuka, pasca sejumlah aksi masa pada pekan lalu bertambah, setelah Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) kembali membuka akses internet di Kabupaten Nabire dan Kabupaten Dogiyai.

"Situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Nabire dan Digiyai di Papua yang sudah kondusif, pemerintah membuka blokir atas layanan data internet di kedua kabupaten tersebut terhitung mulai Jumat (6/9) 22.30 WIT," jelas Plt. Kabiro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan tertulisnya.

Dengan pembukaan akses internet di kedua kabupaten ini, total sudah 21 kabupaten/kota yang akses internetnya kembali dibuka oleh Kemenkominfo. Selain Kabupaten Nabire dan Dogiyai, akses internet juga sudha dibuka di Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Memberamo Raya, Memberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak, Yapen dan Sarmi.

"Adapun untuk delapan kabupaten/kota lainnya di Papua, yakni Kabupaten Mimika, Paniai, Deiyai, Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Numfor, Kota Jayapura dan Yahukimo, masih terus dipantau situasinya dalam 1 atau 2 hari kedepan," tandasnya.

Sementara untuk di wilayah Papua Barat, Ferdinandus Setu menerangkan, pemerintah juga masih memantau terus kondisi di 3 kabupaten/kota sebelum membuka kembali akses internet di Kota Manokwari, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

"Sebaran hoak, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi terkait isu Papua juga terus menurun sejak 31 Agutus 2019. Dari puncak sebaran sebanyak 72.500 url pada 30 Agustus 2019 menjadi 6.060 url pada 6 September 2019," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X