Mahfud MD Ajak Generasi Muda Lanjutkan Perjuangan BJ Habibie

- Kamis, 12 September 2019 | 10:06 WIB
Almarhum Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie. (Antara/Audy MA)
Almarhum Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie. (Antara/Audy MA)

Presiden Ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie tutup usia pada Rabu (11/9). Banyak hal yang ditinggalkan untuk kemajuan bangsa. 

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyebut BJ Habibie merupakan sosok luar biasa. Almarhum, lanjut Mahfud, telah mengorbankan banyak hal untuk kepentingan bangsa dan negara. 

Untuk itu, Mahfud mengajak anak bangsa untuk meneruskan perjuangan BJ Habibie.

"Kita harus mengembangkan apa yang telah disumbangkannya," kata Mahfud setelah melayat ke rumah duka di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Mahfud kemudian mengenang pengorbanan BJ Habibie di era reformasi. Saat itu, pria kelahiran Parepare Sulawesi Selatan tersebut melepas jabatannya sebagai Presiden RI demi memberikan demokrasi untuk rakyat. 

-
Almarhum Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie. (Antara/Yudhi Mahatma)

Padahal, lanjut Mahfud, BJ Habibie bisa saja mempertahankan posisinya hingga 2003 karena sah secara konstitusi.

"Namun beliau langsung mengumumkan ingin mengadakan Pemilu agar rakyat memilih pemimpinnya sendiri melalui Pemilu yang baik," ujar anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, BJ Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) setelah mengalami gagal jantung karena faktor usia. Almarhum menghembuskan napas terakhirnya pada 18.05 WIB di usia 83 tahun. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X