Berikut Hal yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Kepada Ibu Hamil

- Rabu, 18 September 2019 | 12:12 WIB
Unsplash
Unsplash

Setiap perempuan yang sedang mengandung butuh dukungan dari suami dan orang-orang terdekat agar proses kehamilan berjalan lancar hingga persalinan. Seorang Psikolog keluarga bernama Putu Andani mengingatkan agar berhati-hati saat berbicara dengan kerabat yang sedang hamil.

Putu mengatakan, tidak perlu memberikan komentar hal personal seperti ukuran tubuh. Selain itu, hal lain yang sebaiknya tidak perlu dibicarakan ialah cerita mengenai pengalaman-pengalaman negatif seputar kehamilan.

Misalnya seperti kondisi bayi yang tidak optimal hingga proses melahirkan yang bermasalah. Bentuk perhatian tersebut malah akan membuat ibu hamil jadi takut dan stres.

Putu juga meminta untuk tidak terlalu berlebihan dalam memberikan saran medis terhadap ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan ibu hamil lebih tahu tentang kondisinya sendiri.

Ibu hamil pun bisa langsung berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan jawaban yang lebih tepat. "Kita perlu menciptakan suasana positif, bicarakan hal yang menyenangkan," ungkap Putu.

Lebih baik memberikan perhatian-perhatian sederhana pada teman atau kerabat hamil dengan cara membantunya memberi tempat duduk, membawakan belanjaan berat ataupun sekadar mengambilkan air minum.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X