Stabilkan Papua, Irjen Paulus Kembali Dilantik Jadi Kapolda Papua

- Senin, 30 September 2019 | 10:07 WIB
Warga antre menaiki pesawat milik TNI di Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua, Sabtu (28/9/2019). ( ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra/wpa/hp)
Warga antre menaiki pesawat milik TNI di Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua, Sabtu (28/9/2019). ( ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra/wpa/hp)

Kerusuhan selama beberapa pekan terjadi di Papua, membuat Kepolisian kembali melantik Irjen Pol Paulus Waterpauw kembali ke tanah kelahiranya.

Ia resmi kembali menjabat sebagai Kapolda Papua usai dilantik dalam upacara serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, yang bertindak sebagai inspektur upacara di Mabes Polri, Jakarta, Senin, (30/9).

Paulus menggantikan Irjen Pol Rudolf Albert Rodja yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Sebelum diangkat sebagai Kapolda Papua, Paulus menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri.

Irjen Pol Paulus diharapkan mampu menstabilkan situasi keamanan di Papua pascaterjadinya demonstrasi berujung anarkis di Wamena, Papua.

Kondisi Papua dalam beberapa pekan ini, mengalami gejolak. Hal ini diawali oleh ujaran rasis pada mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur dan dituduh menghina bendara Merah Putih.

Terakhir, kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua, dan mengakibatkan beberapa orang meninggal dunia, serta kerusakan gedung-gedung perkantoran karena aksi pembakaran. Ratusan warga memilih keluar dari Wamena dengan diangkut memakai pesawat TNI ke Jayapura.  

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X