Yenny Wahid Soal Raja Agung Sejagat: Sekarang kan Banyak yang 'Halu'
Kiri: Yenny Wahid (Instagram/@yennywahid) / Kanan: Raja Agung Sejagat (Twitter/@aritsantoso)
News

Yenny Wahid Soal Raja Agung Sejagat: Sekarang kan Banyak yang 'Halu'

Jumat, 17 Januari 2020 10:41 WIB 17 Januari 2020, 10:41 WIB

INDOZONE.ID - Putri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid mengatakan, munculnya Keraton Agung Sejagat yang mengklaim penerus Majapahit merupakan fenomena halusinasi atau 'halu' yang merebak di masyarakat.

"Sekarang kan banyak orang yang 'halu' (berhalusinasi). Ya kalau menganggap dirinya raja. Kita punya (bisa) apa?" ujar Yenny, Kamis (16/1/2020).

Menurut Yenny, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi fenomena tersebut, yaitu mempercayainya atau membiarkannya.

Namun, kata dia, tak sedikit masyarakat yang kemudian percaya dengan klaim Toto atas kerajaan yang dipimpinnya dan bersedia menjadi pengikutnya.

Yenny mengatakan, masyarakat yang sudah terpengaruh fenomena tersebut seharusnya bisa diajak bicara dan dibina secara baik-baik, tapi jangan kemudian disikapi berlebihan.

"Dibina saja, ditanya baik-baik, disentuh emosinya, ngapain kok ikut-ikutan begitu. 'Loh saya kalau pakai baju punggawa begini, saya kan gagah,' dia bilang begitu. Ya, itu kan persoalan lain," ujar Yenny.

Ia juga mengingatkan bahwa masih banyak persoalan lain yang lebih perlu mendapat perhatian. Namun, persoalannya menjadi lain jika ada unsur penipuan atau unsur pelanggaran hukum maka tepat jika dilakukan penangkapan.

"Kalau penipuan beda lagi. Itu pelanggaran hukum. Itu boleh ditangkap. Tetapi kalau dakwaannya adalah karena dia pura-pura menjadi raja, itu tidak bisa jadi landasan untuk menangkap," ungkap Yenny.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU