Jayapura Dua Kali Diguncang Gempa Tektonik pada Hari Ini
Gempa Jayapura (Twitter/@bmkgpapua)
News

Jayapura Dua Kali Diguncang Gempa Tektonik pada Hari Ini

Minggu, 19 Januari 2020 11:28 WIB 19 Januari 2020, 11:28 WIB

INDOZONE.ID - Kabupaten Jayapura di Papua diguncang gempa tektonik 2 kali, yaitu pada pukul 01.38 WIT Minggu (19/1/2020) dengan magnitudo 6,2 dan yang terbaru adalah gempa bumi dengan magnitudo 5,2 pada hari yang sama, pukul 09.14 WIT.

Kepala BMKG Wilayah V Jayapura Petrus Demon Sili membenarkan adanya gempa tektonik ini. Episenter gempa kedua terletak di koordinat 2,82 LS dan 139,53 BT dengan lokasi di darat, berjarak 40 kilometer arah barat laut Kabupaten Jayapura, dengan kedalaman 35 kilometer.

Gempa bumi tersebut berjenis dangkal dan diakibatkan oleh aktivitas sesar lokal. Gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa Jayapura
Gempa Jayapura (Twitter/@bmkgpapua)

"Gempa tersebut dirasakan di Genyem dan Kota Jayapura II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," kata Petrus.

Sampai berita ini ditulis, belum ada laporan mengenai dampak gempa. Namun, gempa dipastikan tidak berpotensi tsunami. Petrus mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, serta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU