Pasca Erupsi, Gunung Bromo Masih Bisa Dikunjungi Wisatawan

- Sabtu, 20 Juli 2019 | 09:47 WIB
Pexels/Alex Borghi
Pexels/Alex Borghi

Gunung Bromo yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mengalami erupsi diikuti banjir vuklkanik pada Jumat (19/7/2019). Akibatnya, material berupa bebatuan, pasir dan abu berhamburan, sehingga wisatawan diminta tidak mendekat ke puncak Gunung Bromo.

Dilansir dari situs resmi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi, 'www.vsi.esdm.go.id', fenomena alam biasa dan tidak terkait langsung dengan aktivitas erupsi Gunung Bromo. Kejadian banjir diakibatkan karena hujan yang terjadi di sekitar Kaldera Tengger dan puncak Gunung Bromo bersamaan dengan kejadian erupsi yang menghasilkan abu vulkanik.

Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi meminta masyarakat tetap waspada di sekitar Gunung Bromo.

"Masih level II tapi masyarakat harus tetap waspada, radius rawan berada di wilayah 1 kilometer dari puncak Bromo," kata Anggit.

Sementara itu, Camat Sukapura, Kabupaten Probolinggo Yulius Christian yang wilayahnya termasuk dalam kawasan Gunung Bromo mengatakan, masyarakat maupun wisatawan masih bisa menikmati keindahan Bromo, dengan jarak aman 1 kilometer dari puncak kawah.

"Wisatawan yang datang masih bisa melihat keindahan Gunung Bromo dari bukit Mentigen, maupun puncak Seruni poin," katanya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X