Anjing Tewaskan ART, Bima Aryo Serahkan Rp 60 Juta ke Keluarga Korban

- Rabu, 4 September 2019 | 12:20 WIB
photo/Instagram/@bimaaryo
photo/Instagram/@bimaaryo

Pihak keluarga Bima Aryo, seorang presenter televisi sekaligus pemilik anjing jenis Malinois Belgian yang menewaskan asisten rumah tangga (ART) bernama Yayan (35) di Cipayung, Jakarta Timur pada Jumat (30/8), telah menyerahkan dana Rp 60 juta untuk keluarga korban.

Hal itu disampaikan oleh Kapolsek Cipayung Kompol Abdul Rasyid di Jakarta, Selasa (3/9). "Pemilik anjing sudah berikan dana kepada korban Rp60 juta. Ya, mereka sedang menempuh jalan damai," katanya.

Namun, Abdul memastikan upaya damai yang ditempuh kedua belah pihak tidak akan pengaruhi proses penyelidikan kasus di kepolisian. "Walau damai, tetap penyelidikan jalan," kata dia.

Hingga saat ini, lanjutnya, pihak Kepolisian Sektor Cipayung telah memeriksa empat orang terkait insiden terkaman anjing jenis Malinois Belgian tersebut.

-
photo/Instagram/@bimaaryo

Keempat orang yang telah menjalani pemeriksaan sejak Jumat (30/8) hingga Selasa (3/9) di antaranya Bapak dari Bima Aryo, Bima Aryo, teman korban, dan anak dari korban. "Pada saat itu, anaknya almarhumah kami panggil untuk memberikan keterangan," ujar Abdul.

Dia juga mengatakan pihaknya masih menunggu proses penyelidikan untuk menetapkan tersangka yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Deteksi Kemungkinan Anjing Terjangkit Rabies

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur membutuhkan waktu dua pekan untuk mendeteksi kemungkinan anjing yang menewaskan asisten rumah tangga (ART) di Cipayung terjangkit rabies.

"Jika dalam dua pekan ke depan anjing itu mati, kita curiga dengan rabiesnya," kata Kepala Seksi Peternakan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiani di Jakarta, Selasa (3/9), seperti dikutip Antara.

-
photo/Instagram/@bimaaryo

Jika prediksi itu benar, kata dia, petugas akan menempuh tahap lanjutan berupa pembedahan terhadap otak anjing jenis Malinois Belgian itu. Sebab pada jaringan otaknya terdapat 'hipokampus', tempat di mana virus rabies bersarang pada binatang.

Irma mengatakan pihaknya sejauh ini telah merespons insiden terkaman anjing milik Bima Aryo yang menewaskan ART bernama Yayan pada Jumat (30/8) di kediaman Bima Jalan Langgar RT04/RW05 No.41 Cipayung.

-
photo/Instagram/@bimaaryo

Sebanyak dua ekor anjing Malinois yang bernama Sparta dan Doby serta satu ekor anjing jenis Pudel telah dievakuasi petugas dari rumah Bima menuju penangkaran di Ragunan, Jakarta Selatan. "Kami belum bisa pastikan anjing yang menerkam korban itu adalah Sparta atau Doby," katanya.

Irma menambahkan Pemerintah Jakarta Timur telah mencanangkan kawasan bebas rabies sejak 2004, sehingga insiden ini telah mendapatkan perhatian serius dari jajarannya. "Jakarta Timur telah bebas rabies sejak 2004. Kami pasti akan menangani secara serius kejadian ini," ujar dia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X