5 Cara Mudah Untuk Mengetahui Berlian Asli atau Palsu

- Senin, 26 Agustus 2019 | 14:14 WIB
photo/Diamond Hedge
photo/Diamond Hedge

Salah satu cara berinvestasi sejak dini yang mulai dilakukan banyak orang adalah dengan mengoleksi perhiasan, termasuk berlian. Berlian dapat menjadi bentuk investasi jangka panjang karena nilai jualnya yang tinggi. Maka tak heran jika semakin banyak orang yang berminat membeli berlian.

Namun, ketika membeli berlian, kamu tetap harus hati-hati. Karena kalau tidak jeli, mungkin saja berlian yang dibeli ternyata palsu. Alhasil, uang yang dikeluarkan pun sia-sia. Untuk itu, kamu harus tau cara membedakan berlian asli atau palsu.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Senin (26/8), berikut ini lima cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menguji keaslian berlian yang dibeli:

1. Menimbang Berlian dengan Sensitivitas Tinggi

-
photo/Gemology Philippine

Untuk menguji keaslian berlian dapat diketahui dengan mengukur perbedaan berat yang sangat tipis, karena zirkonia kubik (berlian sintesis atau palsu) beratnya sekitar 55 persen lebih daripada berlian asli dengan bentuk dan ukuran yang sama. Dalam hal ini, gunakanlah timbangan dengan sensitivitas tinggi yang mampu mengukur sampai tingkat karat atau butirannya.

2. Menguji Berlian dengan Mikroskop

-
photo/whizliz.com

Caranya, letakkan berlian di bawah mikroskop dengan faset atasnya menghadap ke bawah. Kemudian, bolak-balikkan posisi berlian secara perlahan menggunakan pinset. Jika terlihat sedikit kilauan jingga sepanjang fasetnya, maka berlian tersebut bisa jadi sebenarnya adalah berlian palsu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bisa menggunakan teleskop pembesaran 1200 kali.

3. Menggunakan Tes Embun

-
photo/Diamond Hedge

Cara berikutnya dengan menggunakan tes embun yaitu dengan cara metelakkan berlian di depan mulut, kemudian hembuskan napas ke arah berlian seperti menghembus cermin. Jika embunnya bertahan selama beberapa detik, berlian tersebut kemungkinan palsu. Sementara, berlian yang asli seharusnya tidak mudah berembun.

4. Mencelupkan Batu Belian ke Dalam Air

-
photo/mining.com

Selanjutnya, kamu bisa membuktikan keaslian berlian dengan mencemplungkan batu berlian ke dalam segelas air. Kemudian, lihatlah apakah berlian tersebut tenggelam ke dasar gelas atau tidak. Berlian asli biasanya akan tenggelam karena memiliki tingkat kerapatan yang tinggi, sementara yang palsu akan mengapung di permukaan atau melayang di tengah gelas.

5. Memanaskannya dengan Api

-
photo/mining.com

Cara mudah berikutnya dengan memanaskan berlian dengan korek api selama 30 detik. Kemudian, cemplungkan ke segelas air dingin. Lalu, lihatlah apa yang akan terjadi setelahnya. Berlian asli tidak akan pecah atau retak dan relatif kuat karena memiliki struktur kristalin yang rapat. Sedangkan, berlian palsu akan retak seketika ketika dipanaskan karena pengembangan dan konstraksi yang cepat.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X