Buku Kontroversial yang Dilarang Di Indonesia dan Dunia

- Selasa, 3 September 2019 | 16:37 WIB
moviepostershop/Goodreads
moviepostershop/Goodreads

Buku dikenal sebagai jendela ilmu, dengan buku orang akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan membuat wawasan seseorang semakin luas. Meskipun menjadi jendela dunia, namun ada beberapa buku yang menjadi kontroversi dan dilarang peredarannya di dunia. Berikut ini daftar 5 buku kontoversi yang dilarang di dunia, ada di Indonesia juga lho.

1. The Chocolate War

-
Angel Daniel Matos

 

Buku yang diperuntukkan untuk kalangan remaja ini dilarang peredarannya karena berisi tentang kekerasan, kata-kata untuk memaki orang serta masturbasi. Buku terbitan tahun 1974 ini sudah tidak ditemukan dimanapun karena masih dilarang di perpustakaan dan toko-toko buku seluruh dunia.

2. Demokrasi Kita

-
arsipindonesia

 

Buku karya Mohammad Hatta ini dilarang beredar oleh penguasa militer pada tahun 1960 karena berisi kritikan atas kebijakan Presiden Soekarno yang dinilai otoriter.

3. American Psycho

-
moviepostershop

 

Novel yang terbit pada tahun 1991 ini memiliki pemeran utama bernama Patric Bateman yang menjadi seorang yuppie gila dan pembunuh bayaran. Novel ini dilarang karena menceritakan tentang kekerasan yang ekstrim serta penyiksaan seksual.

4. Buku Putih Perjuangan Mahasiswa 1978

-
1000tamanbaca

 

Buku dokumenter yang dibuat oleh Dewan Mahasiwa ITB ini dilarang beredar oleh Kejaksaan Agung pada tahun 1978. Larangan ini dilatarbelakangi oleh isi buku yang mengungkapkan beberapa indikator kegagalan Pemerintah Soeharto.

5. Indonesia Di Bawah Sepatu Lars

-
Goodreads

 

Buku karya Sukmadji Indro Tjahjono, caretaker Presidium DM-ITB ini berisi tentang pembelaan di muka Pengadilan Mahasiswa pada bulan Agustus hingga September tahun 1979. Buku ini dilarang pada zaman orde baru Soeharto oleh Kejaksaan Agung tahun 1980.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X