Mau Lihat Gerhana Matahari Cincin Lagi? Tunggu 12 Tahun

- Kamis, 26 Desember 2019 | 16:43 WIB
Fenomena gerhana matahari. (Dok. Indozone)
Fenomena gerhana matahari. (Dok. Indozone)

Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa menyaksikan fenomena gerhana cincin pada Kamis (26/12). Momen ini jelas tak boleh dilewatkan.

Pasalnya, sangat jarang terjadi. Bahkan, butuh bertahun-tahun untuk bisa dapat kesempatan ini lagi. Kira-kira kapan Indonesia akan menjadi salah satu bagian fenomena ini lagi? Catet yah! 

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi lagi pada 21 Mei 2031. Saat itu, jalur cincin akan melewati Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Fenomena ini akan terjadi lagi pada 14 Oktober 2042 dan melewati Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur.

-
Penampakan gerhana matahari parsial. (Indozone/Nani Suherni)

Ahli astronomi Cecep Nurwendaya menjelaskan, gerhana memang setiap tahun akan terjadi. Namun, tempatnya yang akan berpindah-pindah.

"Walaupun setiap tahun gerhana itu selalu terjadi, ada gerhana matahari kadang cincin kadang bentuknya total atau parsial. Tempatnya itu juga berbeda-beda," ujar Cecep yang juga anggota Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama, di Jakarta, Kamis (26/12).

Cecep membenarkan, gerhana matahari cincin akan melewati Indonesia persis pada tanggal 21 Mei 2031. Terhitung 12 tahun lagi baru akan terjadi fenomena tersebut.

"Jadi masih 12 tahun yang akan datang. Kita lihat gerhana cincin akan melewati Kalimantan dan Sulawesi," tuturnya. 

Uniknya lagi, sebelum gerhana matahari cincin, Indonesia juga akan mengalami gerhana matahari total yang akan terjadi 20 April 2023 atau kurang lebih 3 tahun lagi. Gerhana matahari total akan melanda Timor dan Papua. Sebelumnya, fenomena ini terjadi di Indonesia pada 26 Januari 2009.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X