The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mau Lihat Gerhana Matahari Cincin Lagi? Tunggu 12 Tahun
Fenomena gerhana matahari. (Dok. Indozone)
News

Mau Lihat Gerhana Matahari Cincin Lagi? Tunggu 12 Tahun

Di daerah mana saja?

Kamis, 26 Desember 2019 16:43 WIB 26 Desember 2019, 16:43 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa menyaksikan fenomena gerhana cincin pada Kamis (26/12). Momen ini jelas tak boleh dilewatkan.

Pasalnya, sangat jarang terjadi. Bahkan, butuh bertahun-tahun untuk bisa dapat kesempatan ini lagi. Kira-kira kapan Indonesia akan menjadi salah satu bagian fenomena ini lagi? Catet yah! 

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi lagi pada 21 Mei 2031. Saat itu, jalur cincin akan melewati Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Fenomena ini akan terjadi lagi pada 14 Oktober 2042 dan melewati Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur.

Fenomena Gerhana Matahari
Penampakan gerhana matahari parsial. (Indozone/Nani Suherni)

Ahli astronomi Cecep Nurwendaya menjelaskan, gerhana memang setiap tahun akan terjadi. Namun, tempatnya yang akan berpindah-pindah.

"Walaupun setiap tahun gerhana itu selalu terjadi, ada gerhana matahari kadang cincin kadang bentuknya total atau parsial. Tempatnya itu juga berbeda-beda," ujar Cecep yang juga anggota Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama, di Jakarta, Kamis (26/12).

Cecep membenarkan, gerhana matahari cincin akan melewati Indonesia persis pada tanggal 21 Mei 2031. Terhitung 12 tahun lagi baru akan terjadi fenomena tersebut.

"Jadi masih 12 tahun yang akan datang. Kita lihat gerhana cincin akan melewati Kalimantan dan Sulawesi," tuturnya. 

Uniknya lagi, sebelum gerhana matahari cincin, Indonesia juga akan mengalami gerhana matahari total yang akan terjadi 20 April 2023 atau kurang lebih 3 tahun lagi. Gerhana matahari total akan melanda Timor dan Papua. Sebelumnya, fenomena ini terjadi di Indonesia pada 26 Januari 2009.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Muhammad Wirawan Kusuma
Nani Suherni
JOIN US
JOIN US