Kuasa Tuhan, Nelayan Ini Selamat Terdampar 4 Hari di Tengah Laut, Mengapung dalam Box Ikan

- Sabtu, 19 September 2020 | 14:02 WIB
Udin Diman (46 tahun), nelayan yang selamat usai terdampar 4 hari di tengah laut. (Basarnas Ternate)
Udin Diman (46 tahun), nelayan yang selamat usai terdampar 4 hari di tengah laut. (Basarnas Ternate)

Seorang nelayan di Halmahera Tengah, mampu bertahan usai tiga hari terdampar di tengah lautan. Dia adalah Udin Diman, 46 tahun, Desa Loleo, Kecamatan Weda Selatan.

Dari keterangan Basarnas Ternate, Udin pergi melaut pada hari Senin pagi (14/9/2020), dengan menaiki perahu viber.

Namun, ditunggu-tunggu keluarganya hingga malam, dia tak kunjung pulang. Kabarnya hilangnya Udin di tengah laut pun segera menyebar ke penjuru kampung. Tim SAR gabungan turun ke laut untuk mencarinya.

Namun hingga hari Rabu malam (16/9/2020), pencarian tak membuahkan hasil. Para petugas yang mencarinya pun sempat frustasi.

Namun pada Kamis (17/8/2020) menjelang malam, ketika para petugas sudah hampir menghentikan pencarian, mereka melihat sebuah box ikan terombang-ambing di tengah laut. 

Box ikan itu mencolok perhatian karena warnanya oranye. Setelah didekati, rupanya Udin berada di dalam box ikan itu. Dia bertahan seperti tokoh Pi dalam film Life of Pi.

-
Petugas SAR menolong Udin.

Lalu, para petugas menolongnya naik ke perahu dan membawanya ke Pelabuhan Loleo.

"Ini benar-benar kebesaran Tuhan," ucap Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, mengawali keterangannya kepada wartawan.

Box ikan yang membuat Udin selamat itu, kata Arafah, ditemukan di wilayah perairan Desa Dote 16.25 NM dari LKP Duga Radian 327.88° (Barat Laut).

"Korban sedang terapung-apung di dalam box penampung ikan, karena longboat korban terbalik di selatan  Selanjutnya korban dievakuasi ke Pelabuhan Loleo. Korban kemudian diantar ke pihak keluarga di kediamannya. Kondisi korban saat ditemukan dalam kondisi lemas karena sudah 3 hari terapung," terang Arafah.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Basarnas Ternate (@basarnas_ternate) on

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X