The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ubah Metode Perhitungan Dana BOS pada 2021, Nadiem: Tak Hanya Berdasarkan Jumlah
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (Photo/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
News

Ubah Metode Perhitungan Dana BOS pada 2021, Nadiem: Tak Hanya Berdasarkan Jumlah

Sekolah yang punya murid sedikit dirugikan.

Rabu, 23 September 2020 19:39 WIB 23 September 2020, 19:39 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa pihaknya dan Kemendikbud akan mengubah metode perhitungan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada 2021.

Seperti yang diketahui, sebelumnya metode perhitungan Dana BOS masih berdasarkan jumlah siswa dan hal itu adil menurut Nadiem. Namun, kenyataannya di lapangan yang terjadi tidak demikian.

"Kabar gembira bagi sekolah, dalam perhitungan dana BOS. Sebelumnya, dana BOS dihitung berdasarkan satuan yang tetap, satuan yang berdasarkan jumlah murid di sekolah itu," ujar Nadiem, dilansir dari Antara, Rabu (23/9/2020).

"Sekolah itu, karena mereka punya murid yang sedikit mereka dirugikan, karena mereka juga harus mengelola sekolah dengan besaran dana BOS yang kecil," tambahnya.

Nadiem juga mengatakan bahwa metode sebelumnya justru merugikan sekolah yang jumlah muridnya sedikit. Sementara sekolah yang jumlah muridnya besar akan diuntungkan karena dapat menikmati economic of skill dan bisa memiliki sarana yang lengkap.

"Kedepannya, kami akan mengubah cara perhitungan BOS. Tidak hanya berdasarkan jumlah peserta didik, tetapi ada Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) dari Badan Pusat Statistik," kata dia.

"Besaran dana BOS tidak bisa disamakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Sekolah yang lebih berhak menerima bantuan kita, seharusnya menerima uang yang lebih," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US