Soal Anggota FPI Tewas, PP Muhammadiyah Apresiasi Komnas HAM dan Minta Polisi Terbuka

- Selasa, 8 Desember 2020 | 13:43 WIB
Kantor PP Muhammadiyah di Jakarta. (Istimewa).
Kantor PP Muhammadiyah di Jakarta. (Istimewa).

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu' ti mengapresiasi langkah Front Pembela Islam (FPI) yang meminta bantuan kepada Komnas HAM soal pengusutan kasus tewasnya enam anggota FPI saat bentrok dengan kepolisian.

"Saya juga mengapresiasi Komnas HAM yang merespon positif dengan membentuk tim investigasi," ucap Abdul dalam keterangannya, Selasa (8/12/2020).

Menurut Abdul, langkah yang diambil oleh Komnas HAM adalah sebuah inisiatif, serta juga jalan untuk menyelesaikan masalah secara damai dan elegan.

"Sebaiknya kepolisian bersikap terbuka dan merespon permintaan investigasi secara positif untuk menjawab berbagai spekulasi di masyarakat yang menengarai polisi telah melakukan kekerasan," terangnya.

Baca Juga: Polda Metro Kumpulkan CCTV di TKP Pengikut HRS vs Polisi

Lebih lanjut, Abdul mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah terhasut, ataupun terprovokasi dalam menyikapi kasus bentrokan antara FPI dan pihak kepolisian tersebut.

"Agar menyikapi masalah dengan jernih dan tenang serta tidak terprovokasi oleh berita yang tidak jelas sumbernya dan belum pasti kebenarannya," tandas Abdul.

Seperti diketahui sebelumnya, enam orang yang tewas tersebut diduga merupakan laskar FPI yang saat itu tengah mengawal perjalanan Habib Rizieq Shihab ke sebuah pengajian keluarga.

Sementara itu, kepolisian Polda Metro Jaya mengungkapkan bahwa pihaknya harus mengambil tindakan untuk menembak enam orang laskar FPI tersebut karena sebelumnya merasa terancam dengan serangan yang diterima.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X