Jokowi Minta Program Pemulihan Ekonomi Nasional Dieksekusi dengan Cepat

- Rabu, 3 Juni 2020 | 13:32 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Instagram/@jokowi).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Instagram/@jokowi).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta program pemulihan ekonomi nasional yang telah dirancang harus dieksekusi dengan cepat di lapangan. Sehingga hasilnya langsung berdampak atau terlihat.

"Dieksekusi dengan cepat, dengan kecepatan agar laju pertumbuhan ekonomi negara kita tidak terkoreksi lebih dalam lagi," kata Jokowi dalam rapat terbatas (Ratas) bersama menteri kabinet Indonesia Maju disiarkan langsung akun YouTube Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (3/6/2020).

Jokowi menyadari tantangan terbesar yang dihadapi saat ini ialah menyiapkan program pemulihan ekonomi nasional yang tepat. Eksekusi cepat di lapangan diharapkan bisa memperbaiki catatan laju pertumbuhan Indonesia yang sempat jatuh pada kuartal pertama 2020.

"Kita tahu bahwa kuartal pertama ekonomi kita hanya mampu tumbuh 2,97% dan kuartal kedua, ketiga dan keempat, kita harus mampu menahan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak merosot lebih dalam lagi," ujarnya.

"Tidak sampai minus dan bahkan kita harapkan kita pelan-pelan mulai bisa rebound," tambahnya.

Kepala negara juga meminta skema program-program pemulihan ekonomi yang telah dicanangkan bisa segera dilaksanakan di lapangan. Seperti seperti subsidi bunga untuk UMKM, penempatan dana untuk bank-bank yang terdampak restrukturisasi, penjaminan kredit modal kerja, PNM untuk BUMN, dan investasi pemerintah untuk modal kerja. 

"Saya harapkan, saya minta dan saya ingin pastikan ini harus segera rasional di lapangan, segara dilaksanakan di lapangan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X