The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soal Rencana Jokowi Bubarkan Lembaga, Mardani: Khawatir Ada Tutup-Gali Lubang
Presiden Joko Widodo (ANTARANEWS)
News

Soal Rencana Jokowi Bubarkan Lembaga, Mardani: Khawatir Ada Tutup-Gali Lubang

Perlu perencanaan matang

Rabu, 15 Juli 2020 11:51 WIB 15 Juli 2020, 11:51 WIB

INDOZONE.ID - Anggota DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mempersilakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membubarkan 18 lembaga negara dan komisi. Namun, ia mengingatkan perlu ada perencanaan yang matang untuk rencana tersebut.

Jika tidak memiliki rancangan yang kuat, Ketua DPP PKS tersebut pun mengkhawatirkan kalau pembubaran lembaga-lembaga hanya untuk menutup dan menggali lubang.

"Monggo bubarkan. Tapi selalu dalam koridor reformasi birokrasi dan penyempurnaan otonomi daerah. Kalau bubarkan tanpa desain yang kokoh namanya kita tutup lubang gali lubang," kata Mardani kepada wartawan, Rabu (15/7/2020).

Lanjut Mardani, pembubaran lembaga juga harus memperhatikan para pegawai yang bekerja di lembaga tersebut. Ia meminta pemerintah menerapkan prinsip reformasi birokrasi.

"Semua mesti dihitung dengan data dan fakta plus siapkan mitigasinya, khususnya untuk ASN dan pekerjanya. Pastikan kajian dan analisanya sesuai dengan grand desain reformasi birokrasi," ujar Mardani.

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi melontarkan dalam waktu dekat, ia akan membubarkan sebanyak 18 lembaga negara dan komisi pada Senin, 13 Juli 2020 di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Jokowi mengatakan, dengan perampingan sistem organisasi dalam suatu negara, maka akan lebih mampu bergerak cepat dalam persaingan zaman. Sebab, kecepatan menjadi faktor utama yang harus diterapkan saat ini.

"Saya ingin kapal itu sesimple mungkin sehingga bergeraknya menjadi cepat. Organisasi ke depan kira-kira seperti itu," ucap Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Dinno Baskoro
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US