Awal Mula 11 November Jadi Hari Jomblo Sedunia dan Hubungannya dengan Hari Belanja Online

- Rabu, 11 November 2020 | 15:15 WIB
Hari Jomblo Sedunia. (Ilustrasi/Unsplash)
Hari Jomblo Sedunia. (Ilustrasi/Unsplash)

Single Day atau Hari Jomblo Sedunia dirayakan setiap 11 November. Namun, ternyata 11.11 juga disenangi banyak orang karena banyak promo menarik di onlie shop. Lalu, apa hubungan Hari Jomblo ini dengan Hari Belanja Online?

Perayaan Single Day atau Hari Jomblo sendiri berawal dari lelucon di kalangan para pelajar di Universitas Nanjing, Tiongkok pada tahun 1993 sebagai hari perayaan 'anti Valentine' untuk para pria dan wanita single.

Namun, perayaan tersebut akhirnya menyebar ke beberapa universitas lain dan sampai hari ini, perayaan Hari Jomblo masih tetap ada. Angka 1 dalam tanggal yang dipilih untuk perayaan Hari Jomblo diyakini sebagai angka kesepian.

Dulu, para jomblo merayakan Single Day dengan liburan bersama para jomblo lainnya. Selain itu, mereka juga biasanya akan merayakan hari jomblo ini dengan makan-makan.

Seiring berjalannya waktu, Hari Jomblo dimanfaatkan pendiri e-commerce Alibaba Jack Ma. Dia kemudian mencetuskan 11 November atau 11.11 sebagai Hari Belanja Online. Sejak saat itu, setiap 11.11, banyak orang yang bertransaksi di Alibaba.

Baca juga: Heboh Harbolnas, Belanja Iklan TV e-Commerce Masih Jor-joran

Bahkan, Single Day masih menjadi Hari Belanja yang memecahkan rekor terbesar di dunia hingga saat ini. Di 11.11, banyak orang yang berbelanja secara royal karena berbagai promo menarik yang ditawarkan.

Meski demikian, Hari Jomblo yang awalnya dirayakan untuk para pria dan wanita single, kini mulai dirayakan oleh pasangan. Di Beijing, Tiongkok pada 11.11, ada sekitar 4 ribu pasangan yang menikah.

Selain itu, para jomblo juga biasanya akan memanfaatkan momen ini untuk mengakhiri masa lajangnya dengan pergi kencan buta. Mereka juga akan membeli hadiah untuk gebetannya untuk merayakan Single Day ini.

Di Indonesia sendiri, tak sedikit jomblo yang memanfaatkan tanggal cantik ini untuk menyatakan cinta kepada orang yang disukainya.

Demikian sejarah singkat Hari Jomblo Sedunia di tanggal 11 November. Meski di Indonesia sendiri banyak promo menarik di tanggal 11 November, namun puncak dari Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) adalah pada 12 Desember (12.12).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X