Google Kucurkan Dana Rp155 Miliar untuk Dukung Pemulihan UMKM di Indonesia

- Rabu, 18 November 2020 | 17:19 WIB
Ilustrasi Google. (Photo/Ilustrasi/Pexels)
Ilustrasi Google. (Photo/Ilustrasi/Pexels)

Google dikabarkan mengucurkan dana Rp155 miliar untuk mendukung para UMKM di Tanah Air guna mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dukungan itu dimulai dalam gelaran Google for Indonesia yang kelima.

Pembukaan tersebut juga langsung dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden juga menyambut baik niat tersebut untuk membantu UMKM di Indonesia guna perkembangan SDM. Selain itu, Jokowi juga mengharapkan adanya pelatihan untuk mengasah kemampuan SDM IT yang dapat memenuhi kebutuhan 9 juta talenta digital Nasional.

"Upaya untuk memenuhi target 9 juta talenta digital nasional tersebut tidak bisa hanya dikerjakan oleh pemerintah. Tapi harus dilakukan bersama-sama, baik oleh pemerintah, perguruan tinggi, maupun swasta" ungkap Jokowi.

Baca juga: Basarnas: Seluruh Korban Longsor di Banyumas Sudah Ditemukan

Dalam hal ini, Google akan memberikan pinjaman modal sebesar 10 juta dolar AS atau Rp155 miliar melalui kemitraan dengan Kiva. Hal tersebut sengaja diberikan agar para pelaku UMKM menjadi lebih siap menghadapi masa sulit.

Dana pinjaman melalui Plan International Indonesia ini nantinya akan menjalin kerja sama dengan anak muda Indonesia untuk meluncurkan 'Bridges to the Future ASEAN Youth Employment' nantinya.

Program ini nantinya merupakan pelatihan keterampilan dan bantuan mencari pekerjaan untuk meningkatkan kemampuan kerja di antara anak muda yang rentan di tengah masa pandemi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X