Terkait Sekolah Tatap Muka di Awal Tahun, Menkes: Kami Akan Tingkatkan Pengawasan

- Jumat, 20 November 2020 | 17:45 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berbincang sebelum mengikuti rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (7/9/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berbincang sebelum mengikuti rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (7/9/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap protokol kesehatan di samping kebijakan tatap muka di sekolah yang nantinya akan diselenggarakan pemerintah daerah pada awal tahun 2021.

Hal itu disampaikan Terawan dalam konferensi pers bersama tentang panduan pembelajaran pada tahun ajaran dan tahun akademik baru 2020-2021 di masa pandemi COVID-19 yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

"Kementerian Kesehatan sepenuhnya akan mendukung kebijakan ini. Kami berkomitmen untuk meningkatkan peran puskesmas, melakukan pengawasan dan pembinaan pada satuan pendidikan dalam penerapan protokol kesehatan," kata Terawan, dilansir dari Antara, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Menkes Terawan Minta RS Bisa Berinovasi Tingkatkan Layanan di Masa Pandemi

Disisi lain, Terawan juga menegaskan bahwa pihaknya akan memperkuat peran puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan dasar dalam penanganan COVID-19. Menurut Terawan, sistem pembelajaran jarak jauh yang telah dilakukan selama setahun kurang telah menyebabkan berbagai permasalahan pada siswa, baik dari sisi kehidupan, sosial, maupun kesehatan mental.

"Ternyata banyak hal yang bisa dinilai ada berbagai kendala, seperti ada ancaman anak putus sekolah, meningkatnya risiko stres pada anak, terjadinya kekerasan pada anak, kesenjangan capaian belajar dan learning loss yang berpengaruh pada perkembangan anak," kata Menkes.

"Kami mengimbau untuk bersama-sama berupaya terus meningkatkan pendidikan dan keselamatan pada anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa menuju Indonesia maju. Penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker menjaga jarak aman, serta sering mencuci tangan dengan sabun merupakan adaptasi kebiasaan baru yang harus dilakukan dengan disiplin tinggi agar kita tetap sehat dan selamat dalam melewati Pandemi COVID-19," kata Menkes.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X