Pernah Beri Gelar WNI kepada Syekh Ali Jaber, SBY: Almarhum Ulama yang Teduh

- Kamis, 14 Januari 2021 | 14:13 WIB
Syekh Ali Jaber dan SBY. (Istimewa)
Syekh Ali Jaber dan SBY. (Istimewa)

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Syekh Ali Jaber, Kamis (14/1/2021). SBY mendoakan agar amal ibadah Syekh Ali Jaber diterima oleh Allah SWT.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Dengan rasa duka yang mendalam, saya mendoakan kiranya Allah Swt menerima berpulangnya hambaNya yg soleh ~ Syekh Ali Jaber. Semoga sang Kholik juga menerima segala amal ibadah almarhum dan husnul khatimah," cuit SBY di akun Twitter-nya.

SBY termasuk orang yang cukup dekat dengan Syekh Ali Jaber. Beberapa tahun lalu saat masih menjabat sebagai presiden tepatnya pada tahun 2012, SBY menganugerahi Syekh Ali Jaber gelar WNI karena kegiatan dakwahnya.

Baca juga: Ustadz Yusuf Mansur Kenang Syekh Ali Jaber yang Rela Pindah Kewarganegaraan Demi Dakwah

-
Ucapan duka SBY. (Twitter/@SBYudhoyono)

SBY kemudian mengenang Syekh Ali Jaber yang dikenal sebagai sosok ulama yang teduh dan tutur katanya jatuh dari kebencian dan permusuhan. SBY mengaku bahwa hatinya selalu tentram setiap kali mendengar ceramahnya.

"Saya mengenal almarhum sebagai ulama yg teduh. Syiar & fatwanya mencerdaskan umat. Tutur kata Syekh Ali Jaber jauh dari kebencian (hatred) & juga bukan permusuhan (hostility). Mendengarkan ceramahnya, hati saya tenteram & bersyukur karena itulah ajaran Islam yang sejati," lanjut SBY.

Semasa hidupnya, Syekh Ali Jaber selalu menyampaikan dakwah yang menyejukkan kepada jamaahnya. Pemilik nama lengkap Syekh Ali Saleh Muhammad itu menjadi salah satu penceramah agama papan atas Indonesia.

Syekh Ali Jaber sendiri lahir di Madinah pada Februari 1976. Dia merupakan anak pertama dari 12 bersaudara. Syekh Ali Jaber kemudian menikah dengan Umi Nadia, wanita Indonesia asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, NTB dan telah dikaruniai seorang anak laki-laki.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X