Para Ahli Khawatir 'Animal X' Bisa Menyembunyikan Virus Mematikan yang Memicu Pandemi

- Rabu, 10 Maret 2021 | 10:46 WIB
Ilustrasi pandemi (Pexels/Anna Shvets)
Ilustrasi pandemi (Pexels/Anna Shvets)

Para ahli khawatir hewan yang belum dikenal dapat menyembunyikan virus mematikan yang dapat memicu pandemi lain dan menewaskan jutaan orang.

Para ilmuwan dilaporkan berpacu dengan waktu untuk menemukan 'Animal X', yang bisa menjadi sumber penyakit global berikutnya atau 'Disease X'.

Dikutip dari Mirror, Organisasi Kesehatan Dunia telah memperingatkan ancaman dari penyakit zoonosis, di mana infeksi melompat dari hewan ke manusia.

Para ahli sebelumnya telah mengatakan bahwa kemungkinan Covid-19 berasal dari kelelawar dan trenggiling, sebelum dipindahkan ke manusia.

Sementara itu, flu burung, SARS, MERS, Nipah dan demam kuning adalah contoh penyakit lain yang berasal dari hewan sebelum virus bermutasi dan melompat ke spesies.

Anthony Lockett, seorang dokter medis penyakit menular mengatakan bagaimana kelelawar bisa menjadi sumber pandemi berikutnya.

"Spesies yang dapat menjadi tempat penampungan Penyakit X adalah kelelawar dan burung karena keduanya dapat terbang dan melakukan perjalanan jarak jauh," katanya.

"Pola migrasi kelelawar dapat terganggu yang mengarah pada penyebaran penyakit, seperti yang terlihat di Australia beberapa tahun lalu, ketika kelelawar menyebarkan penyakit ke manusia," lanjutnya.

Dr Josef Settele, dari Helmholtz-Center for Environmental Research, salah satu penulis studi tingkat PBB baru tentang pandemi di masa depan, mengatakan, bahwa pada prinsipnya semua spesies dapat menjadi sumber.

Probabilitasnya lebih tinggi untuk kelompok yang memiliki lebih banyak spesies seperti tikus dan kelelawar.

Penulis lingkungan John Vidal baru-baru ini mengungkapkan penyakit menular seperti campak, mematikan seperti Ebola masih dapat bermutasi dan menghancurkan populasi manusia.

Banyak penyakit, seperti Ebola dan Covid-19 diperkirakan telah menginfeksi manusia melalui konsumsi daging yang terkontaminasi.

Vidal telah berbicara dengan para ahli dari seluruh dunia yang telah membuat prediksi suram bahwa yang terburuk mungkin belum datang saat dia menulis sebuah buku yang mengungkap hubungan antara alam dan penyakit.

Vidal menjelaskan bahwa ahli ekologi di University College London (UCL) melaporkan bahwa 335 penyakit baru dan berpotensi fatal telah muncul secara global sejak 1945.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X