Libur Idul Adha Usai, Cikampek Arah Jakarta Padat

- Minggu, 2 Agustus 2020 | 17:06 WIB
Contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. (ANTARAHO/Jasamarga)
Contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. (ANTARAHO/Jasamarga)

Libur Idul Adha 1441 Hijriah telah usai, arus balik Cikampek arah Jakarta pun terpantau padat. Bahkan, petugas melakukan rekayasa lalu lintas (contraflow) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta menyusul terjadinya kepadatan arus balik Hari Raya Idul Adha.

"Arus lalu lintas cukup padat, sehingga dilakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta," kata Widiyatmiko Nursejati, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, seperti dikutip dari Antara, Minggu (2/8/2020).

Dia menambahkan, kepadatan arus terjadi pada titik pertemuan arus Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jakarta. Selain itu juga terjadi di titik menuju rest area atau tempat istirahat.

Widiyatmiko menjelaskan, contraflow diterapkan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, mulai dari kilometer 65 sampai klometer 47. 

"Tujuannya ialah untuk mengurai kepadatan yang terjadi di sejumlah titik sekitar Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta," paparnya.

Pemberlakuan contraflow, sambung Widiyatmiko, merupakan diskresi pihak kepolisian. Jasa Marga pun menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu untuk membantu pemberlakuan contraflow.

Diterangkannya, PT Jasa Marga (persero)memprediksi puncak arus balik libur Idul Adha 1441 H terjadi pada Minggu malam hingga Senin 3 Agustus dini hari.

"Lonjakan arus balik libur Idul Adha 1441 H berpotensi terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Hal ini karena jalan tol tersebut merupakan akses utama pengguna jalan dari arah Timur, yaitu dari Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X