Gaes, Ini Lho Cara yang Benar Beli Tiket Pesawat Via Online

- Senin, 2 Desember 2019 | 11:30 WIB
Sejumlah penumpang menaiki pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, (Antara/Yulius Satria Wijaya)
Sejumlah penumpang menaiki pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, (Antara/Yulius Satria Wijaya)

Online Travel Agent (OTA) merupakan suatu aplikasi yang memberikan fasilitas kemudahan bagi  pengguna dalam pembelian produk perjalanan. 

Khusus untuk pembelian tiket pesawat, pengguna diberikan kemudahan bukan hanya untuk mencari tiket termurah, tetapi juga mencari opsi kombinasi rute penerbangan untuk mencapai tujuan, jika penerbangan  langsung sudah tidak tersedia.

"Tetapi, dalam pembelian tiket pesawat via OTA, kita dituntut untuk lebih bijak dan teliti agar tidak salah, " ujar Direktur Jederal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti di Jakarta, Senin (2/12). 

Polana mengungkap, ada lima hal yang harus diperhatikan dalam pembelian tiket pesawat via OTA. Pertama, pilihlah jadwal, rute dan kelas penerbangan (ekonomi atau bisnis) yang diinginkan, dengan mengisi informasi  dalam aplikasi. 

Kedua, pengguna telah mengaktifkan kolom 'filter' dan memilih filter yang diinginkan, seperti penerbangan langsung atau penerbangan transit,  penerbangan satu arah (one way) atau penerbangan pulang pergi (pp). 

Ketiga, pengguna sebaiknya merencanakan perjalanan dengan baik dengan mencari atau membeli tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum perjalanan. 

"Ini agar kita mendapatkan pilihan dan harga terbaik," kata Polana. 

-
Ilustrasi pembelian tiket pesawat via OTA (Dok. Indozone/Sigit Nugroho)

 

Keempat, pengguna juga wajib mengisi secara lengkap dan benar seluruh identitas diri dan nomor telepon kontak serta kebutuhan layanan yang diperlukan, untuk dapat dilayani dengan baik oleh maskapai.

"Terakhir, jangan lupa pahami secara jelas syarat dan ketentuan pengangkutan dari maskapai (condition of carriage) sehingga kita paham apa hak dan kewajiban sebagai konsumen serta hak dan kewajiban dari maskapai," jelas Polana. 

"Hal ini disampaikan agar calon pengguna jasa tranportasi udara tidak salah paham terkait dengan harga tiket dan dapat memperoleh layanan yang terbaik," kata Polana. 

Ia menambahkan, pihaknya terus mengajak masyarakat untuk mencermati pembelian tiket secara online, dan waspada dengan penyesatan informasi yang dibuat oleh pihak-pihak yang bermaksud membingungkan masyarakat dan membuat keresahan.

"Dalam pembelian tiket pesawat melalui aplikasi OTA, aplikasi tersebut akan menampilkan sejumlah pilihan rute, jadwal, maskapai, kelas layanan sesuai dengan yang dikehendaki oleh pengguna, dengan keberagaman harga yang akan terlihat," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X