Kenakan Kostum Wayang, Miss Grand Malaysia Dituduh Plagiat

- Kamis, 10 Oktober 2019 | 11:21 WIB
photo/Instagram/@meldequanne
photo/Instagram/@meldequanne

Miss Grand Malaysia 2019 Mel Dequanne Abar mengenakan kostum bertema wayang kulit untuk berlaga di ajang Miss Grand International yang akan digelar pada 25 Oktober 2019 di Caracas, Venezuela.

Dalam unggahan di Instagram-nya @meldequanne, Rabu (9/10), Mel Dequanne Abar menyebut bahwa kostum yang ia kenakan itu terinspirasi dari cerita rakyat klasik dari Malaysia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Miss Grand Malaysia 2019 ???? (@meldequanne) on

Ratu kecantikan berusia 20 tahun itu terlihat memakai dress hitam selutut dengan sabuk keemasan. Kedua lengannya dihiasi kain panjang menjuntai bergambar wayang. Dengan mengenakan mahkota emas, ia berpose sambil memegang wayang.

Namun sayangnya, unggahan ini mendapat komentar dari netizen Indonesia yang mengatakan kostum itu mencontek budaya wayang kulit dari Indonesia. Dalam unggahan itu, netizen mengkritik dan menyayangkan pemilihan kostum Miss Grand Malaysia tersebut.

Merasa tak terima dengan kritikan itu, seorang netizen Malaysia memberi komentar balasan. "Tanah Melayu (Pantai Timur Malaysia), Siam (Thailand), Burma (Myanmmar), Jawa (Indonesia) dan rata-rata seluruh Asia Tenggara (malah Asia keseluruhannya) ada persamaan main Wayang Kulit tapi setahu saya kita punya bersusur galur dari Burma (Myanmmar). Bukan dari Jawa (Indonesia)," demikian kata netizen Malaysia.

Sebelum Mel Dequanne, tuduhan serupa juga pernah terjadi ketika Miss Grand Malaysia 2018 Debra Jeanne Poh memakai crop top bermotif batik parang, dan Miss Supranational Malaysia 2018 Sanjna Suri yang mengenakan kostum srikandi, serta Miss Grand Malaysia 2017 Sanjeda John dengan kostum kuda lumpingnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X