The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pengamanan Ketat Jelang Pelantikan Presiden-Wakil Presiden
photo/ANTARA FOTO/Akbar Nugraha Gumay
News

Pengamanan Ketat Jelang Pelantikan Presiden-Wakil Presiden

Selasa, 15 Oktober 2019 10:36 WIB 15 Oktober 2019, 10:36 WIB

INDOZONE.ID - Jelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Polri bersama TNI dan unsur terkait telah menyiapkan 27 ribu personel untuk mengamankan sejumlah lokasi vital di Jakarta.

"Untuk menjaga Istana Negara, tempat prosesi pelantikan, kediaman Pak Jokowi, kediaman Pak Ma'ruf Amin dan jalur yang akan dilalui (saat pelantikan) dan obyek vital lainnya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Dia mengatakan, hingga saat ini tidak ada indikasi akan terjadi gangguan keamanan jelang pelantikan pada 20 Oktober 2019. Namun, aparat keamanan tetap siaga untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengatakan puluhan ribu personel gabungan TNI-Polri akan mengisi ring 1 dan ring 2 yang sudah diatur. Sehingga, pelaksanaan pelantikan Presiden-Wakil Presiden berjalan dengan baik.

Puan mengatakan prosesi pelantikan 20 Oktober 2019 nanti akan dimulai pukul 14.30 WIB. Ia meminta agar seluruh anggota DPR dan tamu undangan hadir tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Hari ini, Selasa (15/10), Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) berencana akan melakukan rapat koordinasi kembali dengan aparat keamanan terkait pelaksanaan pelantikan Presiden tersebut.

Terkait pengamanan nanti, Puan juga menginformasikan akan ada pengosongan area (clearance) oleh TNI-Polri sehingga tidak ada orang yang tidak berkepentingan bisa mendekat.

Di tempat yang sama, Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) Jayakarta, Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono mengatakan prosesi pengamanan pelantikan Presiden tidak akan berbeda jauh dengan proses pengamanan saat unjuk rasa mahasiswa beberapa hari lalu.

"Kami sudah menyiapkan parameter (pengamanan) di sekitaran gedung DPR/MPR ini, seperti saat menghadapi unjuk rasa beberapa hari lalu. Tidak ada yang spesifik," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
Rizka

Rizka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US