Para Cat Lovers, 7 Makanan Ini Tidak Seharusnya Diberikan ke Kucing

- Kamis, 24 Oktober 2019 | 16:29 WIB
photo/Deposit Photo/Brightside
photo/Deposit Photo/Brightside

Kucing termasuk hewan yang paling banyak dipelihara orang. Salah satu alasannya karena hewan berbulu satu ini sangat lucu dan menggemaskan. Tapi kamu harus tau, perawatan kucing tidak bisa sembarangan, lho!

Kucing tidak boleh asal diberikan makanan. Saat kucing diberikan makanan yang tidak sesuai, hal ini bisa berbahaya bagi kondisi kesehatannya. Bahkan, bulu kucing bisa mudah rontok karena salah mengonsumsi makanan. Oleh karena itu, para pemilik kucing harus cerdas dalam merawat kucing, termasuk memperhatikan makanan mereka.

Nah supaya kamu makin tau, berikut ini 7 makanan yang tidak seharusnya diberikan ke kucing, seperti dirangkum Indozone dari laman Brightside, Kamis (24/10):

1. Produk Susu

-
photo/Deposit Photo/Brightside

Kita mungkin pernah melihat ada pemilik kucing yang memberikan susu kepada kucing peliharaannya. Faktanya, susu tidak baik dikonsumsi kucing karena mengandung laktosa yang tidak cocok dengan pencernaan kucing. Konsumsi susu dapat menyebabkan kucing muntah dan diare. Sebaiknya, kamu bisa membeli susu khusus kucing yang tidak mengandung laktosa. Atau, berikan air putih yang bersih dan segar juga sudah cukup.

2. Cokelat dan Permen

-
photo/Pexels

Memberi cokelat dan permen kepada kucing bukanlah solusi yang baik. Kedua makanan ini dapat mengancam kesehatan dan nyawa kucing karena mengandung theobromine atau methylxanthine yang bisa menjadi racun bagi si kucing. Kucing bisa muntah, demam, dehidrasi, hingga mengalami gagal jantung.

3. Daging dan Ikan Mentah

-
photo/Deposit Photo/Brightside

Daging dan ikan mentah bisa saja mengandung bakteri dan parasit yang menyebabkan penyakit parah seperti pankreatitis. Ikan mentah bisa membuat kucing kekurangan vitamin B, kejang-kejang, hingga kematian. Karena itu, kucing sangat tidak disarankan mengonsumsi daging dan ikan mentah.

4. Telur Mentah

-
photo/Pixabay/Deposit Photo/Brightside

Telur mentah tidak boleh diberikan ke kucing karena di dalamnya ada banyak bakteri yang dapat mempengaruhi usus mereka. Juga, ada protein di dalam telur mentah yang sangat sulit dicerna kucing. Telur mentah mengandung avidin yaitu enzim yang mengurangi penyerapan vitamin B7. Kalau kamu ingin memberi makan telur ke kucing, sebaiknya diberikan telur yang sudah masak.

5. Bawang Merah, Bawang Putih, dan Daun Bawang

-
photo/Deposit Photo/Brightside

Bawang merah, bawang putih, dan daun bawang, bisa sangat berbahaya bagi kucing karena membuat mereka mengalami anemia hemolitik dan sel darah merahnya menjadi rapuh. Dalam hal ini, kucing akan merasakan sesak napas, sakit perut, dan urin berubah warna.

6. Anggur dan Kismis

-
photo/Deposit Photo/Brightside

Anggur dan kismis menjadi camilan sehat untuk manusia, tapi hal itu tidak berlaku untuk kucing. Justru, anggur dan kismis bisa menyebabkan masalah serius pada kucing. Dua makanan ini dapat menyebabkan kucing gagal ginjal, yang nantinya bisa berkembang menjadi penyakit ginjal yang serius.

7. Kacang

-
photo/Pexels

Kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi dan bisa membuat kucing bertambah gemuk. Kacang memang mengandung protein dan lemak yang sehat bagi manusia, namun kucing tidak bisa mencernanya dengan mudah. Tingginya kadar lemak juga dapat menyebabkan masalah perut yang dapat menyebabkan kucing muntah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X